Berbagai Macam Sistem Operasi Pada Telepon Seluler

Telepon seluler atau yang lebih dikenal dengan sebutan ponsel merupakan alat komunikasi yang memiliki fungsi utama yang sama dengan telepon biasa, hanya saja bersifat portable (dapat dibawa kemana – mana). Seperti layaknya komputer, ponsel pun memerlukan sistem operasi. Terdapat beberapa macam sistem operasi ponsel, diantaranya: Symbian OS, Palm OS, Android, BlackBerry, iOS, Windows Mobile, dan Bada.

Symbian OS merupakan sistem operasi yang dikhususkan untuk peranti yang bersifat portable. Symbian OS mampu menerapkan kemampuan komputer pada keterbatasan sebuah ponsel. Meskipun Symbian OS terbuka bagi berbagai macam aplikasi, namun tidak bersifat open source. Symbian OS mampu bekerja secara multitasking dan mempunyai pengaksesan data yang cepat. Selain itu, tampilan Symbian OS juga bersifat fleksibel, yang memungkinkan pengguna bereksplorasi. Kelebihan – kelebihan yang dimiliki inilah yang pernah menjadikan Symbian OS begitu berjaya sampai dengan tahun 2010. Dikarenakan sistem konfigurasinya yang mirip komputer, Symbian OS pun jadi rentan terhadap serangan virus ponsel. Mulai tahun 2010, kepopuleran Symbian OS mulai tersaingi oleh BlackBerry dan iOS (sistem operasi iPhone). Kala itu berbondong – bondong orang berganti ponsel, membeli BlackBerry ataupun iPhone. Saingan Symbian OS tidak hanya berhenti sampai disitu, kini bahkan telah muncul sistem operasi yang lebih populer, yaitu Android.

Palm OS merupakan sistem operasi yang awal pembuatannya ditujukan untuk menunjang Personal Digital Assistant (PDA). Palm OS dirancang pada tahun 1996 oleh Palm Inc yang mendukung penggunaan layar sentuh dan memudahkan pengguna. Palm OS ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan sistem yang tidak banyak dan akses yang cepat. Selain itu, memori yang diperlukan juga tidak banyak. Palm OS tidak mampu menampung banyak aplikasi yang membutuhkan banyak memori, hal ini dikarenakan terbatasanya memori yang dimiliki oleh Palm OS dan tidak dimilikinya memori tambahan. Untuk kebutuhan masa kini, Palm OS dirasa kurang dapat bersaing.

Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google yang berbasiskan Linux. Android mudah untuk digunakan dan menyenangkan bagi pengembang karena tidak perlu membayar apabila ingin membuat aplikasi untuk Android. Sistem operasi ini masih terbilang baru namun sudah dapat bersaing dengan sistem operasi yang telah berkibar sebelumnya. Bahkan kini perusahan – perusahaan yang menaungi sistem operasi lainnya patut merasa terancam dengan hadirnya ponsel – ponsel Android.Sony, LG, dan Samsung telah menerapkan Android pada ponsel – ponsel besutannya. Dengan ponsel yang memfasilitasi layar sentuh dan koneksi internet yang lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan Blackberry, serta harga yang mampu bersaing, membuat ponsel Android menjadi primadona. Berbagai versi telah diciptakan oleh Google, antara lain: Android 1.1, Cupcake (1.5), Donut (1.6), Éclair (2.0 / 2.1),  Froyo (2.2), Gingerbread (2.3), Honeycomb (3.0 / 3.1), dan Ice Cream Sandwich (4.0).

BlackBerry OS merupakan sistem operasi yang hanya dipakai oleh ponsel BlackBerry yang diciptakan oleh perusahaan Research In Motion (RIM).  BlackBerry menjadi ponsel setaraf ponsel pintar yang terkenal karena layanan push e-mail yang dimiliki. Dari segi keamanan pun BlackBerry dapat dikatakan sangat bagus. Hal ini menjadi jaminan lebih untuk pengguna. Namun demikian, BlackBerry OS belum mendukung akses internet yang cepat. RIM menciptakan ponsel BlackBerry dengan pilihan 2 jenis pengoperasian, layar sentuh dan bola jejak. Jenis – jenis BlackBerry yang telah dikeluarkan dipasaran, diantaranya: Curve, Storm, Bold, dan Torch.

iOS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc yang dibuat untuk ponsel iPhone. Ponsel ini memiliki fungsi utama standar seperti ponsel – ponsel lainnya. Selain itu juga terfasilitasi dengan kemampuannya berhubungan dengan jaringan internet. Pengoperasiannya menggunakan layar sentuh. Sampai sejauh ini telah diluncurkan sebanyak 5 versi iPhone, dimulai dari tahun 2007 dengan nama iPhone. Versi – versi lainnya adalah iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, dan iPhone 4S. Versi terbaru yang rencananya akan segera dirilis adalah iPhone 5. Sejauh ini iPhone mempunyai pengguna setia yang selalu menanti versi – versi terbaru. Desain iPhone dibuat oleh mantan CEO Apple. Steve Jobs, yang kini telah tiada.

Windows Mobile merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Tampilan dan fitur yang dimiliki didesain semirip mungkin dengan komputer desktop. Windows mobile untuk ponsel terdapat 2 versi, yaitu standar dan profesional. Versi standar digunakan oleh ponsel layar biasa, sedangkan versi profesional digunakan pada ponsel layar sentuh. Windows Mobile memilki fitur office yang lengkap. Namun kelebihan ini diimbangi dengan sedikit lambatnya sistem operasi dan juga borosnya baterai. Untuk mengoperasikannya juga diperlukan pembelajaran terlebih dahulu.

Bada merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung. Bada diambil dari bahasa Korea yang memilki arti samudera dalam. Nama ini memilki makna yang penting, Samsung berharap Bada nantinya akan jaya dan mampu meraup pengguna yang banyak. Untuk melebarkan sayapnya, Samsung mengajak Intel Corp. sebagai mitra pengembangan Bada. Bada sudah menyertakan banyak aplikasi dan permainan. Tetapi kelebihan ini menyebabkan ponsel menjadi lambat. Saat ini pengguna Bada baru sebesar 2,2 %. Demi benar – benar menjadikan Bada sebagai sistem operasi yang digandrungi nantinya, Samsung harus menyusun rencana strategis dan memperbaiki kelemahan yang ada.

About these ads

2 thoughts on “Berbagai Macam Sistem Operasi Pada Telepon Seluler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s