Internet Sebagai Media Komunikasi Melintasi Zaman

Internet merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar TCP/IP. Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

 

Seiring berkembangnya zaman, penggunaan internet sebagai teknologi di dunia maya makin berkembang dan mengarah ke jaringan sosial. Dari waktu ke waktu, kebutuhan akan internet semakin membumbung tinggi. Salah satu penggunaannya adalah sebagai media komunikasi.

 

Jarak merupakan salah satu alasan internet makin favorit digunakan sebagai media komunikasi. Selain alasan tersebut, kecepatan dan kemudahan akses juga menjadi alasan pendukung. Karena alasan tersebutlah internet hingga kini masih bertahan sebagai wadah berkomunikasi.

 

Pada awal kemunculannya, internet tampil sebagai media komunikasi dalam bentuk website. Media ini awalnya lebih banyak berkomunikasi satu arah, dimana isinya sejenis berita. Seiring waktu kebutuhan  bertambah dari sekedar informasi menjadi komunikasi 2 arah yang lebih menarik. Komunikasi 2 arah yang ditunjang berupa komentar pada rubrik, pengisian buku tamu, serta fasilitas chat.

 

Seiring berkembangnya website, media komunikasi via internet yang populer lainnya juga tumbuh berkembang, yaitu e-mail. Di Indonesia, e-mail yang pertama terkenal adalah telkom.net, bolehmail, dan Yahoo! Sedangkan di negara-negara Eropa, hotmail lebih banyak digunakan. Selain untuk berkirim surat, e-mail juga digunakan mengirim gambar, file, dan kartu ucapan. Kartu ucapan ulang tahun, valentine, dll mulai banyak menggunakan kartu elektronik yang dikirimkan via e-mail. Pada perkembangannya, undangan pernikahan pun sampai dikirimkan via e-mail. Dasawarsa ini, e-mail juga mewadahi fasilitas untuk chat. Setelah Yahoo! begitu meledak di Indonesia, google mail atau yang biasa disebut gmail mulai merajalela. Perbedaan antara kedua jenis vendor ini, Yahoo! bisa didaftarkan secara cuma-cuma, sedangkan gmail harus melalui rekomendasi. Semuanya gratis alias tidak berbayar!

 

E-mail secara konteks bagus untuk komunikasi yang membutuhkan pertukaran data besar. Sedangkan untuk berbicara cepat lebih nyaman menggunakan fasilitas chat. Fasilitas komunikasi 2 arah ini pertama kali digawangi oleh mIRC. MIRC begitu populer pada awal 2000-an. Tampilan mukannya begitu simpel, didominasi oleh putih dan hitam. Pengguna dapat menikmati fasilitas chat dengan memilih kamar yang diinginkan. Selain itu dapat juga chat secara person to person.

 

Selain mIRC, pada masa itu juga muncul banyak fasilitas chat di situs pertemanan, seperti kafegaul, bolehnet, rileks, sobatkental, dll. Tampilan muka lebih berwarna dan interaktif hingga fasilitas seperti ini pun pudar oleh zaman.

 

Tampilan muka yang demikian sederhananya dan juga fasilitas yang sangat terbatas pada akhirnya tidak relevan lagi dengan kebutuhan pengguna masa kini. Pengguna masa kini membutuhkan identitas untuk chatting dengan teman-teman yang dikenal. Menampung hal ini, Yahoo! merupakan pilihan yang sesuai. Fasilitas chat Yahoo! ini dinamakan Yahoo Messenger! atau lebih dikenal dengan sebutan YM! Fasilitas ini memungkinkan untuk mengirim file, gambar, dan juga tersedianya pilihan smiley. Pada perkembangannya, YM! dapat diakses di hp melalui SMS. Lambat laun fasilitas ini menjadi tidak populer karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna.  Pada pertengahan 2000, YM! memfasilitasi pengguna menampilkan avatar.

 

YM! sangat menarik dari sisi kegunaan dan tampilan muka, tetapi tidak ringan. Fasilitas chat yang cukup ringan dan bisa chatting dengan berbagai identitas adalah pidgin. Media komunikasi ini lebih sederhana dan tidak seberat YM! Bagi pengguna yang menyukai kesederhanaan dapat memilih pidgin.

 

Awal hingga pertengahan 2000, Indonesia dikejutkan oleh situs bernama Friendster. Website bertipe jaringan sosial ini menjadi jaringan sosial dunia maya paling populer pada masanya. Dari remaja hingga dewasa berbondong-bondong ingin memiliki akun di Friendster. Di Indonesia biasa disingkat dengan sebutan FS. Situs FS didominasi oleh warna biru dan putih. FS mempunyai fasilitas berkirim surat, upload gambar, dan yang paling digemari berkirim komentar. Untuk dapat mengirimkan komentar, harus menjadi teman terlebih dahulu. Akun juga dapat dijadikan private untuk menghindari orang-orang tertentu yang tidak diinginkan. Fasilitas gambar yang awalnya bersifat publik, dapat dijadikan folder private. Beberapa tahun sudah FS bergerilya menguasai jaringan sosial sejagat raya, sebelum akhirnya dikalahkan oleh Facebook. Untuk menandingi Facebook yang superior, FS mulai bebenah diri. Tampilan muka diperbaiki, begitu juga dengan fasilitasnya. Namun perbaikan ini dirasa sedikit terlambat, karena pengguna sudah terlanjur nyaman dengan Facebook dan perbaikannya juga masih di bawah fasilitas facebook. Tampilan muka diubah menjadi dominan hijau dan lebih private, hanya yang memiliki akun saja yang dapat melihat FS orang lain.

 

Jaringan sosial fenomenal facebook mulai mengepakkan sayap indahnya pada pertengahan 2000-an. Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna paling banyak. Situs didominasi oleh warna biru dan putih yang memiliki fasilitas yang memanjakan penggunanya. Selain fasilitas standar seperti berkirim surat , upload gambar, dan komentar, FB juga memiliki fasilitas komentar status, membuat catatan, dan permainan. Membuat status merupakan kesenangan bagi sebagian banyak pengguna. Apalagi dengan dapat dikomentarinya status tersebut membuat facebook makin bergairah. Pengguna juga dimanjakan dengan berbagai pilihan permainan yang menarik, semakin membuat pengguna betah bertahan di depan facebook. Facebook atau yang lebih dikenal dengan FB juga memfasilitasi chat. Hanya saja jika teman yang dipunya sudah terlampau banyak, fasilitas chat menjadi tidak lagi efektif karena sangat membebani, halaman menjadi berat. Saking bersemangatnya pengguna menggunakan facebook, sampai terkadang lupa diri dalam memasang status, yang terkadang menimbulkan pertikaian dan umpan balik yang negatif. Setelah mengalami beberapa kali perubahan, hingga kini FB masih bercokol sebagai salah satu jaringan sosial paling digemari. Yang mampu menandingi kepopulerannya adalah twitter.

 

Jejaring sosial sepopuler FB yang bernama twitter ini mengedepankan pengguna yang menyukai kesederhanaan dengan mengedepankan penyampaian status. Pada awal mulanya belum banyak yang tertarik dengan twitter karena fasilitasnya tidak banyak dan hanya fokus seputar status. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna yang merasa tidak punya cukup waktu untuk bermain FB, mulailah twitter digemari. Buat pengguna yang menyukai pengeksposan diri dan kesederhanaan, twitter lah pilihan yang tepat. Terlebih lagi banyak selebriti dalam dan luar negeri yang juga memiliki akun twitter. Untuk dapat membaca status orang lain yang akunnya di rahasiakan dapat dengan menjadi follower.

 

Selain FB dan twitter yang hingga kini masih populer, dahulu juga ada yang tidak kalah populer, yaitu plurk dan MySpace. Sebelum twitter merajai jaring sosial yang berfokus pada status, plurk telah lebih dulu mengenai hati pengguna internet. Tampilan status dikemas dalam bentuk timeline. Komentar yang masuk akan tampil di bawah status. Semakin sering memasang status, semakin banyak juga karma yang akan didapat. Begitu juga sebaliknya, semakin jarang memasang status, karmapun akan turut berkurang. Hal ini yang membuat plurk menjadi menarik. Terlepas dari hal tersebut, plurk kini telah kalah populer dari twitter karena kemasan timeline-nya membuat pengguna yang telah lama tidak membuka plurk menjadi lebih sulit untuk membaca.

 

Jejaring sosial MySpace memfokuskan dirinya pada musik. Bagi pengguna yang menyukai musik, sangatlah menyukai situs ini. Di Amerika Serikat situs MySpace menjadi situs paling populer pada tahun 2006. Akan tetapi, pada April 2008 kepopulerannya telah diambil alih oleh FB. Banyaknya jejaring sosial yang menjamur saat ini membuktikan bahwa internet mempunyai peran yang besar sebagai media komunikasi.

2 thoughts on “Internet Sebagai Media Komunikasi Melintasi Zaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s