Perbandingan Ukuran Gambar Hasil Konversi Right Click Image Converter

Gambar merupakan perwujudan dari benda hidup yang dituangkan dalam berbagai media, seperti: kanvas, dinding, komputer, dll. Seiring berkembangnya teknologi, gambar yang menggunakan media komputer menjadi lebih mudah diaplikasikan. Terdapat beberapa format gambar yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Konversi gambar menjadi kebutuhan sekarang ini. Terdapat aplikasi yang menunjang untuk pengkonversian, yaitu aplikasi Right Click Image Converter yang diciptakan oleh Kristanix. Aplikasi ini memiliki tujuan untuk mengkonversi suatu gambar menjadi beberapa format yang diinginkan. Terdapat 12 format gambar dan 33 pilihan kompresi. Selain itu ada 4 format yang tidak memiliki pilihan kompresi, yaitu: GIF, ICO, PNG, dan TGA. Sehingga output berbeda yang bisa dihasilkan sebanyak 37 jenis output.

Format gambar yang didukung oleh Right Click Image Converter adalah: BMP (normal dan RLE), GIF, ICO, JPG (superb, good, normal, average, dan bad), PBM (raw dan ascii), PGM (raw dan ascii), PNG, PPM (raw dan ascii), TGA, TIF (normal, packbits, deflate, adobe deflate, no compression, CCITTFAX3, CCITTFAX4, dan lzw), WBMP (threshold (1), threshold (80), threshold (160), threshold (250), dither – floyd & steinberg, dither – bayer 4×4, dither – bayer 8×8, dither – cluster 6×6, dither – cluster 8×8, dan dither – cluster 16×16), dan xpm (xialoin wu algorithm dan neuquant neural – net algorithm).

Telah dilakukan percobaan terhadap semua format dan pilihan kompresi. Percobaan dilakukan dengan menggunakan gambar JPG berdimensi 514 x 550 dan berukuran 238 KB. Analisa gambar ditinjau dari 2 aspek, yaitu: ukuran gambar dan hasil gambar. Ukuran gambar hasil konversi bervariasi antara 13,6 KB – 3,28 MB. Ukuran gambar hasil konversi paling kecil adalah gambar JPG dengan kompresi CCITTFAX3 dan CCITTFAX4. Sedangkan hasil konversi paling besar adalah gambar dengan kompresi ASCII, yaitu PBM, PGM, dan PPM. Ukuran gambar hasil konversi Raw juga cukup besar yaitu sebesar 828 KB.

Bila dilihat dari ukuran gambar asli, terdapat 18 hasil output yang lebih besar daripada gambar asli dan 19 hasil output yang lebih kecil. Gambar hasil konversi dengan ukuran output yang lebih besar meliputi: BMP, PBM, PGM, PNG, PPM, TGA, TIF (kecuali CCITTFAX3 dan CCITTFAX4), dan XPM. Selain dari format yang telah disebutkan, hasil output-nya lebih kecil dibandingkan ukuran gambar asli.

Gambar hasil percobaan juga dicetak untuk dilihat perbedaannya. Gambar dengan ukuran yang lebih besar memiliki hasil cetak yang lebih baik. Tidak semua gambar dapat dilihat preview-nya, seperti ICO, PBM, PGM, PPM, TGA, TIF (deflate, adobe deflate, CCITTFAX3, dan CCITTFAx4), WBMP, dan XPM.

Pada percobaan – percobaan berikutnya dapat dianalisa tidak hanya dari sisi tipe kompresi saja, tetapi mencakup resize dan rotasi. Diharapkan kedepannya muncul aplikasi-aplikasi serupa yang lebih inovatif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s