Nasib Yahoo! Koprol, Jejaring Sosial Besutan Anak Negeri

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukkan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.

Jejaring sosial sekarang lebih luas dan berkembang dibandingkan dengan beberapa tahun silam yang lebih berfokus pada forum diskusi, chat, messenger, atau milis saja. Jejaring sosial mampu menghubungkan berbagai komunitas secara cepat. Jejaring sosial yang kini berkembang adalah jejaring sosial yang berbasis web yang menyediakan layanan interaksi yang masih umum seperti beberapa tahun silam, ditambah beberapa fitur lain yang atraktif. Untuk dapat menggunakan fasilitas situs jejaring sosial, pengguna diharuskan mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi identitas. Pengguna dapat menjadi teman bagi pengguna lain. Antar pengguna dapat saling berkirim komentar, berkirim gambar, video, dll. Selain itu juga dapat dibuat grup khusus untuk sharing berbagai hal.

Salah satu jejaring sosial besutan anak negeri adalah Koprol (sekarang disebut Yahoo! Koprol). Koprol diciptakan oleh anak bangsa asli Indonesia, yaitu: Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto. Berawal dari keisengan ketiganya yang berbuah manis dengan banyaknya peminat, sampai akhirnya pada tahun 2009 diluncurkanlah Koprol secara resmi. Koprol sendiri memiliki arti perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya. Nama ini disesuaikan dengan target pengguna Koprol yang merupakan orang – orang yang dinamis.

Ketika pertama kali membuka situs Koprol, situs akan otomatis mendeteksi posisi pengguna. Pada halaman muka sebelum login juga ada penjelasan singkat mengenai kegunaan Koprol, yaitu: bertemu orang baru, menemukan tempat yang menarik, dan terhubung dengan bisnis lokal. Pendaftaran akun Koprol akan diserginakan dengan akun Yahoo! Cukup dengan login menggunakan akun Yahoo! diteruskan dengan pemilihan Koprol ID. Setelah registrasi berhasil, akan dilakukan pencarian lokasi pengguna. Setelah sukses, otomatis akan masuk ke halaman pengguna.

Pada halaman pengguna ditampilkan beberapa akun pengguna lainnya yang berada di wilayah yang dekat dengan pengguna yang bersangkutan. Dimungkingkan juga untuk menambahkan pengguna-pengguna lain sebagai teman atau dapat juga menambahkan teman yang berasal dari facebook dan twitter. Koprol memiliki 5 menu utama, yaitu: Home, Profile, Business, Friends, dan Account.

Home berisi fitur mengubah lokasi, fasilitas utama, dan pesan. Di sebelah kanan situs juga ditampilkan pengguna lain yang berada disekitar lokasi pengguna yang bersangkutan, konten, dan juga promo. Karena berisi fasilitas utama inilah, home merupakan menu yang paling sering dikunjungi pengguna. Selain Home, terdapat menu Profile yang berisi fitur  post, reviews, visited, created, approved, dan stamp. Pada bagian kanan halaman situs berisi daftar teman.

Business terdiri dari 2 bagian utama, yaitu Dashboard dan Browse. Pada dashboard berisi profil bisnis dengan sebelah kanan halaman ditampilkan beberapa bisnis di Koprol yang dapat di follow pengguna. Sedangkan pada Browse ditampilkan bisnis – bisnis yang terdapat di Koprol, dimana bisnis tersebut juga dapat di follow.

Menu Friends memuat 4 fasilitas, yaitu: following, followers, find friends, dan friend request. Following berisi daftar teman yang di ikuti oleh pengguna, sedangkan followers merupakan pengguna lain yang mengikuti akun pengguna. Fasilitas find friends digunakan untuk mencari teman, sedangkan friend request berisi daftar permintaan penambahan teman.

Menu Account memuat 6 fasilitas, diantaranya: edit profile, avatar, notifications, sharing, favorites, dan logout. Edit profile digunakan untuk pembaharuan profil pengguna, bahkan Koprol ID juga dapat diganti. Namun penggantian Koprol ID memungkinkan orang lain menggunakan ID lama pengguna. Jika pada saat pendaftaran pertama hanya dibutuhkan Koprol ID, jenis kelamin, dan tanggal ulang tahun pengguna, maka di fasilitas ini pengguna dapat menambahkan tempat tinggal, situs, privasi, dan transfer akun. Privasi memungkinkan pengguna membuat akun Koprolnya bersifat publik (semua orang dapat melihat profil pengguna) atau privat (hanya teman yang bisa melihat profil pengguna). Pengguna juga dimungkinkan mengganti e-mail yang digunakan untuk login Koprol dengan menggunakan fasilitas transfer akun. Avatar menyediakan fasilitas penggunggahan foto. Fasilitas notification memberikan pilihan pada pengguna untuk menerima e-mail notifikasi ketika ada yang mengikuti akun pengguna, menambahkan pengguna sebagai teman, pesan masuk, pengguna lain menyebut nama pengguna dalam statusnya, dan masuknya komentar baru. Notifikasi ini bersifat tidak wajib, sehingga jika tidak diinginkan, pengguna tidak perlu mencentrang satu pilihan pun. Koprol juga memfasilitasi pengguna untuk membagi status lokasi terbaru dengan twitter dan facebook, mengirimkan foto ke flickr, dan update Yahoo!

Pengguna Koprol sejak diluncurkan tahun 2009 merangkak naik hingga mencapai angka 1,5 juta pengguna. Namun pada November 2011 terjadi penurunan yang cukup signifikan bila dilihat dari tautan facebook. Salah satu pendiri Koprol, Satya Witoelar, mengakui penurunan ini, tetapi Satya membantah penurunan yang terjadi tidak sebanyak seperti yang terlihat di facebook. Menurut Satya, hal ini dikarenakan banyak pengguna Koprol yang tidak lagi menautkan login ke facebook. Untuk mengatasi pengguna yang semakin menurun, Koprol berencana segera berbenah diri. Rencananya pembaharuan baru Yahoo! Koprol akan dirilis pada akhir Mei 2012. Pembaharuan ini diharapkan memudahkan pengaksesan Yahoo! Koprol via telepon seluler. Bila dilihat dari segi usia, pengguna Koprol mayoritas berkisar antara usia 21 – 25 tahun, kemudian diikuti oleh pengguna berusia 15 – 20 tahun. Pengguna di atas 25 tahun nampaknya tidak terlalu tertarik menggunakan Koprol.

Pada 25 Mei 2010, Yahoo! telah mengakuisisi Koprol, sehingga berubahlah nama Koprol menjadi Yahoo! Koprol. Kini Yahoo! akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 2000 karyawan. PHK ini dilakukan oleh manajemen Yahoo! baru, sedangkan Yahoo! Koprol diakuisisi oleh manajemen lama. Aktivitas check – in yang menjadi jagoan Koprol dianggap telah ketinggalan zaman. Sebanyak 29 anggota tim pengembang telah dipecat oleh Yahoo! Dengan personel yang semakin berkurang, nasib kelanjutan Yahoo! Koprol belum dapat dipastikan secara jelas, entah akan dipertahankan oleh Yahoo! atau dijual kembali. Apapun nanti keputusan Yahoo!, Koprol perlu berinovasi sehingga dapat dipertahankan dan menjaring pengguna yang lebih banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s