Berbagai Jenis Sistem Operasi Android

Pada era globalisasi sekarang ini, peranan telepon seluler menempati posisi yang penting. Telepon seluler memungkinkan kemudahan dalam berkomunikasi yang tidak dibatasi oleh jarak. Telepon seluler dilengkapi dengan sistem operasi yang sesuai. Salah satu sistem operasi yang sedang naik daun adalah Android. Sistem operasi besutan Google yang berbasiskan Linux ini langsung melejit dan mampu bersaing dengan sistem operasi yang telah dikembangkan sebelumnya. Android hingga kini telah menelurkan 8 tipe, yaitu: Android 1.1, Cupcake (1.5), Donut (1.6), Éclair (2.0 / 2.1),  Froyo (2.2), Gingerbread (2.3), Honeycomb (3.0 / 3.1), dan Ice Cream Sandwich (4.0).

Android 1.1 dirilis pada Februari 2009. Aplikasi yang dibangun untuk versi ini antara lain: jam, alarm, demo tampilan, penjelajah, kalkulator, kamera, kontak, dialer, e-mail, peta dengan detail jalan, pesan, musik, gambar, dan pengaturan. Android versi ini memilki API level 2.

Android Cupcake (1.5) memilki beberapa perbaikan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Akses ke kamera dan gambar, serta pencarian lokasi dengan GPS lebih cepat. Selain itu, versi ini juga memilki fitur baru, antara lain: Layar sudah bisa dilihat dalam bentuk portrait maupun landscape, layar utama sudah disertakan jam analog, kalender, pemutar lagu, gambar, dan pencarian. Versi ini juga dilengkapi perekaman dan pemutaran video (format MPEG-4 dan 3GP), melakukan copy paste di penjelajah, menampilkan foto kontak pada menu favorit, dan pembagian waktu di call log. Cupcake menggunakan versi Linux kernel yang baru, yaitu versi 2.6.27.

Android Donut (1.6) memperkenalkan fitur yang baru untuk pengguna, pembaharuan pada Google play, dan teknologi yang baru. Fitur baru untuk pengguna meliputi: pencarian cepat yang letaknya di layar utama, memungkinkan menghapus banyak foto sekaligus, kemampuan kamera yang 39% lebih cepat, perpindahan dari saat memotret ke berikutnya bertambah cepat 29%,dan indikator penggunaan baterai. Google play yang baru lebih memudahkan pengguna dalam mencari aplikasi atau permainan dari pengembang. Linux kernel yang digunakan sudah lebih baru, yaitu dari 2.6.27 menjadi 2.6.29.

Android Éclair memperkenalkan banyak fitur baru yang menarik untuk pengguna dan pengembang. Fitur baru bagi pengguna meliputi: memungkinkan lebih dari satu akun yang digunakan untuk sinkronisasi dengan e-mail dan kontak, lebih cepatnya pengaksesan informasi kontak, memungkinkan pengaksesan surat masuk dari beberapa akun yang berbeda dalam satu halaman, penghapusan surat secara otomatis apabila telah mencapai batas, built-in flash pada kamera, digital zoom, mode foto, efek warna, fokus makro, dan android virtual keyboard yang lebih nyaman. Dari segi teknologi, versi ini menggunakan Bluetooth 2.1. Aplikasi yang sudah disertakan oleh versi ini adalah: jam, alarm, penjelajah, kalkulator, kamera, kontak, e-mail, galeri, pesan, musik, telepon, pengaturan, beberapa aplikasi untuk pengembang, dan IMEs untuk tulisan Jepang, Cina, dan Latin. Berbagai bahasa didukung oleh Éclair, diantaranya: bahasa Cina (versi RRC dan Taiwan), bahasa Ceko, bahasa Belanda (versi belanda dan Belgia), bahasa Inggris (versi Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Singapura), bahasa Perancis (versi Perancis, Belgia, Kanada, dan Swiss), bahasa Jerman (versi Jerman, Austria, Swiss, dan Liechtenstein), bahasa Italia (versi Italia dan Swiss), bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Polandia, bahasa Rusia, dan bahasa Spanyol.

Android Froyo juga memperkenalkan fitur-fitur baru yang lebih menarik. Versi ini seperti komputer meja yang memungkinkan shortcut pada halaman utama. Dari segi keamanan juga ditingkatkan. Tampilan untuk kamera, galeri, dan video juga lebih memudahkan pengguna. Fitur-fitur lainnya antara lain: sudah dilengkapi dengan LED flash pada perekam video yang memungkinkan pengambilan video pada malam hari atau saat kondisi temaram, WiFi, berbagai bahasa, dan peningkatan kemampuan. Dari segi teknologi, Android Froyo memungkinkan penyebaran kontak dengan telepon seluler lainnya dan juga telah menggunakan Linux kernel 2.6.32.

Perubahan pada Android Gingerbread meliputi perubahan fitur untuk pengguna, fitur untuk pengembang, dan teknologi platform. User Interface (UI) dikembangkan dengan tujuan mudah digunakan, lebih cepat saat digunakan, dan lebih hemat tenaga. Keyboard pun di desain ulang sehingga mampu berkinerja lebih cepat saat menerima masukan ataupun revisi. Keyboard juga menampilkan saran terhadap kata-kata yang sedang diketikkan oleh pengguna. Mode masukan dapat diganti dengan menekan Shift+<letter> dan ?123+<symbol>. Teks juga dengan begitu mudahnya di copy paste. Versi ini juga lebih menghemat tenaga serta pengguna dapat melihat detail dari penggunaan baterai. Pengguna juga dapat mengakses kamera lebih dari satu, jika ada kamera lain. Sedangkan perubahan fitur untuk pengembang meliputi perbaikan permainan, komunikasi dengan cara yang baru, dan multimedia yang lebih menarik. Linux kernel yang digunakan telah meningkat menjadi 2.6.35.

Android Honeycomb merupakan sistem operasi Android yang diciptakan khusus untuk perangkat dengan layar lebar, seperti tablet. Halaman muka didesain dengan elegan dan fokus pada interaksi. Android ini memanjakan pengguna dengan fitur-fiturnya yang menarik disertai fitur getar dan 3D. Tampilan juga mudah dikenali oleh pengguna Android versi sebelumnya. Aplikasi yang didukung oleh versi-versi sebelumnya juga bisa digunakan pada versi ini. Pengaksesan notifikasi dan status sistem begitu cepat. Halaman depan dapat diubah sesuai dengan yang diinginkan. Keyboard pada Android Honeycomb juga didesain ulang, disesuaikan dengan fungsinya yang digunakan pada layar yang besar dan juga lebih cepat. Seperti pada versi sebelumnya, versi ini juga dapat dengan mudah copy paste kalimat. Untuk penjelajahnya, dimungkinkan untuk membuka halaman lebih dari satu. Kamera juga didesain ulang, disesuaikan dengan layarnya yang besar. Perubahan ini ditujukan untuk akses yang lebih cepat. Dalam hal kontak, versi ini membantu pengguna menyarankan penulisan nomor kontak sesuai dengan standar international, disesuaikan dengan lokasi negara pengguna. Android Honeycomb mempercantik tampilan dan aplikasi dengan grafik 2D dan 3D. Android Honeycomb dikembangkan juga untuk versi 3.1. Versi ini memudahkan akses koneksi dengan berbagai jenis USB. Dapat terhubung dengan external keyboards, joysticks, gamepads, dan memastikan pengguna dapat memperoleh fasilitas WiFi dengan kecepatan yang memuaskan, baik itu di rumah, di kantor, maupun saat di jalan. Pengguna juga dapat mengubah HTTP proxy untuk WiFi pribadi. Galeri dilengkapi dengan Picture Transfer Protocol (PTP) yang memungkinkan pengguna mengimpor foto / gambar dari kamera pribadi ke galeri tablet dengan hanya sekali sentuh. Ketika gambar dikopikan ke penyimpanan lokal, pengguna akan diberitahukan berapa memori kosong yang masih tersedia. Kalender didesain dengan lebih besar. Ketika akan membalas atau meneruskan sebuah e-mail yang berisi pesan HTML, maka yang akan dikirimkan adalah plain teks dan juga bagian HTML nya.

Android Ice Cream Sandwich diciptakan untuk telepon seluler dan juga tablet. Fitur dan teknologi yang ditawarkan membuat Android 4.0 menjadi lebih sederhana, cantik, dan cerdas. Navigasi dibuat lebih mudah untuk pengguna disertai dengan animasi yang menarik. Halaman utama juga dibuat lebih modern. Multitasking dibuat lebih mudah. Jika pada versi-versi sebelumnya aktivitas bisa dilakukan setelah membuka kunci, maka pada versi ini pengguna dapat melakukan banyak hal tanpa harus membuka kunci. Beberapa unggulan lain dari Android Honeycomb, diantaranya: respon yang cepat untuk panggilan masuk, dan masukan kata lebih cepat dan akurat. Kemampuan kamera juga ditingkatkan. Pengguna dapat melakukan editing ataupun sharing segera setelah pengambilang gambar. Galeri juga didesain ulang menjadi lebih canggih. Pengguna sekarang dapat melihat situs secara penuh, tidak hanya dalam format mobile. Penggunaan e-mail, seperti pengiriman, pembacaan, dan pengaturan pesan juga lebih mudah. Sistem operasi Android versi terbaru ini semakin membuat pengguna nyaman dan aman, dengan fitur barunya berupa face unlock. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan penguncian dengan menggunakan wajah.

2 thoughts on “Berbagai Jenis Sistem Operasi Android

  1. baru nyobain yang froyo n gingerbread… blom pernah nyicip yang ice cream sandwich.. kynya enak.. hehe.. oia kamu udh punya hp android?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s