iPhone, Ponsel Pintar Andalan Apple

iPhone merupakan telepon pintar yang mempunyai fasilitas SMS, telepon, video, kamera, dan terhubung oleh jaringan internet. Ponsel ini merupakan ponsel andalan Apple. Saat ini iPhone sedang bersaing ketat dengan Android Samsung. Berbagai tipe Apple yang telah dikeluarkan, yaitu: iPhone, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, dan iPhone 4S. Versi terbaru yang rencananya akan segera diluncurkan adalah iPhone 5.

iPhone pertama yang dikerjakan oleh Apple masih seperti telepon rumah tetapi sudah menggunakan stylus. Telepon ini diperkenalkan pada tahun 1983, dimana pengguna stylus merupakan kemajuan teknologi tersendiri pada saat itu. Dari penggunaan stylus inilah akhirnya berkembang suatu telepon pintar dengan layar sentuh yang secara resminya dirilis pada 29 Juni 2007. iPhone masih bekerja di jaringan 2G GSM. Mempunyai dimensi 115 x 61 x 11,6 mm dan berat 135 gram. Ponsel bisa getar dan mengeraskan suara dengan berbagai pilihan nada dering. Meski canggih, iPhone belum tersedia memory card slot, hanya bisa untuk memori dalam. Jaringan yang bisa ditangkap adalah GPRS dan EDGE, begitu juga WiFi, bluetooth, dan USB. Terdapat kamera dengan kualitas gambar 2 MP dan 1600 x 1200 piksel. Namun kamera yang tersedia hanya 1, tidak ada kamera tambahan, juga tidak bisa video. Sistem operasi menggunakan iOS 1.0 yang bisa dinaikkan hingga iOS 3.1.3. Pesan yang tersedia berupa SMS dan e-mail. Tidak tersedia fitur radio dan GPS. Warna yang tersedia hanya hitam. Ketika posisi stand-by, ponsel mampu bertahan hingga 250 jam. Sedangkan saat digunakan untuk menelepon mampu bertahan hingga 8 jam dan ketika memutar lagu hingga 24 jam. iPhone pertama ini sudah tidak diproduksi lagi

iPhone 3G merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yang masih 2G. Dengan meningkatnya menjadi 3G menyebabkan iPhone 3G memiliki akses internet yang lebih cepat. Fitur yang disediakan juga lebih menarik. IPhone 3G dirilis pada tanggal 11 Juli 2008. Memilki dimensi 115,5 x 62,1 x 12,3 mm, dengan berat 133 gram. Masih mengandalkan teknologi layar sentuh, dengan ukuran layar 3,5 inci dan 320 x 480 piksel. Berbagai pilihan nada suara tersedia dengan fasilitas getar dan pengeras suara. Sama seperti versi sebelumnya, tidak tersedia memori tambahan. RAM yang dimiliki sebesar 128 MB. Jaringannya bisa GPRS, EDGE, dan WiFi, dengan kecepatan HSDPA. Hanya memilki 1 kamera dengan kualitas gambar 2 MP dan besar gambar 1600 x 1200 piksel. Sistem operasi yang digunakan adalah iOS 2.0, yang dapat ditingkatkan hingga  iOS 4.2.1. Tipe pesan yang dimiliki berupa SMS, MMS, dan e-mail. Sama dengan versi sebelumnya, iPhone 3G tidak memilki fitur radio. Namun demikian, iPhone 3G sudah bisa GPS. Warna ponsel yang tersedia adalah hitam dan putih. Ketika posisi stand-by, ponsel mampu bertahan hingga 300 jam. Sedangkan saat digunakan untuk menelepon mampu bertahan hingga 10 jam dan ketika memutar lagu hingga 24 jam. iPhone 3G sudah tidak diproduksi lagi.

iPhone 3GS dirilis  pada tanggal 17 Juni 2009. Versi ini merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya. Memiliki dimensi yang sama dengan iPhone 3G, dengan 2 gram lebih berat, yaitu 135 gram. Dari segi tampilan dan suara, sama dengan iPhone 3G. Tidak mendukung memori tambahan. RAM lebih besar menjadi 256 MB. Akses data didukung oleh bluetooth, USB, GPRS, EDGE, WiFi, dan HSDPA dengan kecepatan 7,2 Mbps. Kamera hanya 1 dengan kualitas 3,15 MP dan besar gambar 2048 x 1536 piksel. Selain itu, kamera juga dilengkapi dengan fokus otomatis. Ponsel ini merupakan iPhone pertama yang sudah terfasilitasi dengan video. Sistem operasi yang digunakan adalah iOS 3.0 yang bisa ditingkatkan hingga iOS 5.1. Tipe pesan yang dimilki berupa iMessage, SMS, MMS, dan e-mail. Fitur radio masih juga tidak menarik minat pengembang, hingga versi ini tidak terpasang fitur tersebut. Fitur GPS masih dipertahankan di ponsel ini. Warna yang tersedia adalah hitam dan putih. Ketika posisi stand-by, ponsel mampu bertahan hingga 300 jam. Sedangkan saat digunakan untuk menelepon mampu bertahan hingga 12 jam untuk jaringan 2G dan hingga 5 jam untuk jaringan 3G, dan ketika memutar lagu hingga 24 jam. iPhone 3GS dijual dikisaran harga Rp. 4,8 juta.

iPhone 4 dirilis pada tanggal 24 Juni 2010. Memilki dimensi 115,2 x 58,6 x 9,3 mm dan berat 137 gram. Ukuran ponsel sebesar 3,5 inci dan resolusi gambar 640 x 960 piksel. Pilihan nada suara beragam dengan dukungan nada getar. Masih setia dengan memori utama saja. Ukuran memori ditingkatkan menjadi 512 RAM. Akses data didukung oleh GPRS, EDGE, WiFi, bluetooth, USB, HSDPA dengan kecepatan 7,2 Mbps, dan HSUPA dengan kecepatan 5,76 Mbps. iPhone 4 merupakan ponsel iPhone pertama yang mempunyai kamera tambahan. Ini menjadi hal yang menggembirakan bagi pengguna yang menginginkan fitur video call. Kamera utama berkualitas 5 MP, besar gambar 2592 x 1944 piksel, fokus otomatis, dan LED flash. Sedangkan kamera kedua masih VGA. Sistem operasi yang digunakan adalah iOS 4.0 yang bisa ditingkatkan hingga iOS 5.1. Pesan yang didukung berupa iMessage, SMS, MMS, e-mail, dan push e-mail. Fitur GPS masih dipertahankan di ponsel ini. Warna yang tersedia adalah hitam dan putih. Ketika posisi stand-by, ponsel mampu bertahan hingga 300 jam. Sedangkan saat digunakan untuk menelepon mampu bertahan hingga 14 jam untuk jaringan 2G dan hingga 7 jam untuk jaringan 3G, dan ketika memutar lagu hingga 40 jam. iPhone 4 dijual dikisaran harga Rp. 6,05 juta hingga Rp. Rp. 7,6 juta.

iPhone 4S dirilis pada bulan Oktober 2011. Mendukung jaringan 2G (GSM dan CDMA) dan 3G (HSDPA dan CDMA). Memiliki dimensi 115,2 x 58,6 x 9,3 mm dan berat 140 gram. Masih mengusung layar sentuh dengan ukuran layar 3,5 inci dan resolusi gambar 640 x 960 piksel. Berbagai pilihan nada suara tersedia dengan dukungan nada getar dan pengeras suara. Hanya tersedia memori utama dengan ukuran RAM yang sama dengan versi sebelumnya. Akses data didukung oleh GPRS, EDGE, bluetooth, USB, WiFi, HSDPA dengan kecepatan 14,4 Mbps, dan HSUPA dengan kecepatan 5,8 Mbps. Tersedia 2 kamera, dimana kamera utama memiliki kualitas 8 MP, ukuran gambar 3264 x 2448 piksel, fokus otomatis, dan LED flash. Sedangkan kamera kedua masih VGA. Fitur video call masih tersedia. Sistem operasi yang digunakan adalah iOS 5.0 yang bisa ditingkatkan hingga iOS 5.1. Pesan yang didukung berupa iMessage, SMS, MMS, e-mail, dan push e-mail. Fitur GPS masih dipertahankan di ponsel ini. Warna yang tersedia adalah hitam dan putih. Meski telah mengalami perbaikan dibandingkan iPhone 4, namun ketika posisi stand-by, ponsel mampu hanya mampu bertahan hingga 200 jam, bandingkan dengan iPhone 4 yang memilki waktu stand-by hingga 300 jam. Sedangkan saat digunakan untuk menelepon mampu bertahan hingga 14 jam untuk jaringan 2G dan hingga 8 jam untuk jaringan 3G, dan ketika memutar lagu hingga 40 jam. iPhone 4S dijual dikisaran harga Rp. 7,55 juta hingga Rp. Rp. 9,7 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s