Symbian OS, Sistem Operasi Cantik Rentan Virus

Symbian OS merupakan salah satu sistem operasi pada telepon seluler (ponsel) yang sempat sangat populer hingga tahun 2010, sebelum akhirnya pangsa sistem operasi ponsel direbut oleh BlackBerry dan Android. Sistem konfigurasi Symbian OS mirip dengan komputer, hal ini menyebabkan Symbian OS menjadi rentan terhadap virus. Beberapa virus yang kerap menyerang Symbian OS adalah: CommWarrior, Skulls, Phone Book Stealer, Basello, Cabir, Mabir, AppDisabler, Destroyer, Gembox, Losco, Card Trap, Doomed, dan Skudom. Diantara virus – virus yang telah disebutkan tersebut, beberapa diantaranya termasuk golongan sangat berbahaya, yaitu: CommWarrior, Skulls, Phone Book Stealer, Basello, dan AppDisabler.

CommWarrior merupakan jenis virus ponsel yang disebarkan melalui Bluetooth dan MMS. Sasaran dari virus ini adalah Symbian S60V2. CommWarrior mampu membuat ponsel yang terinfeksi kehilangan pulsanya (pra bayar) atau menunggak tagihan yang tinggi (pasca bayar). Hal ini dikarenakan CommWarrior menginfeksi dengan mengirimkan MMS ke seluruh nomor kontak dengan sendirinya dan dengan bahasa yang membingungkan. Selain dapat mengirimkan MMS, virus ini juga dapat menghapus seluruh data. Untuk pencegahan tersebarnya virus ini, Bluetooth perlu dimatikan ketika tidak dibutuhkan.

Skulls merupakan bagian dari virus Trojan. Virus ini mengubah folder ponsel menjadi gambar tengkorak. Isi dari folder yang sudah diubah menjadi gambar tengkorak akan rusak. Ponsel yang terinfeksi menjadi tidak bisa digunakan kecuali untuk panggilan masuk dan keluar. Berbagai fungsi telepon seperti pesan dan video player akan mati akibat virus Skulls. Virus ini disebarkan melalui internet. Untuk mencegah terinfeksinya virus ini, diperlukan kewaspadaan saat terhubung dengan internet. Harus lebih hati – hati dan bijak dalam menggunakan internet.

Cabir merupakan virus berjenis worm yang menyebar melalui Bluetooth. Cabir tidak membahayakan data ponsel karena sifatnya yang tidak merusak data. Namun demikian, virus ini menyerang saat pencarian Bluetooth diaktifkan dan akan menguras baterai ponsel saat sedang mencari Bluetooth lainnya. Cabir menyerang ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Symbian.

Phone Book Stealer juga merupakan virus yang menyebar melalui Bluetooth. Seperti namanya, target dari virus ini adalah buku kontak. Isi dari buku kontak akan disalin dan kemudian dikirimkan melalui Bluetooth tanpa sepengetahuan pemilik ponsel. Untuk mencegahnya, Bluetooth perlu dimatikan saat tidak digunakan.

Baselo merupakan jenis virus yang berbahaya. Virus ini sulit untuk dihapus secara manual karena bisa meng-install dirinya sendiri ke dalam ponsel. Virus ini menyembunyikan dirinya yang berbentuk sis menjadi format multimedia. Baselo mampu menghimpun semua kontak dari ponsel yang terinfeksi, untuk kemudian mengirimkan berkas berbentuk MMS ke seluruh nomor kontak yang telah dihimpun. Berkas virus berbentuk sis yang disembunyikan. Untuk menghilangkan virus Baselo, dapat dengan menghapusnya secara manual maupun dengan antivirus.

AppDisabler merupakan virus lengkap yang dapat menyebar melalui Bluetooth, MMS, dan internet. Virus ini tergolong sangat berbahaya karena sanggup meng-install virus lainnya. Dalam satu kali serangan, virus ini mampu menghapus data, rusaknya berbagai berkas data, merusak baterai ponsel, menguras pulsa, dan mencuri data. Dampak paling beratnya adalah rusaknya sistem operasi ponsel. Jika dilihat dari resiko kerusakan, maka virus inilah yang dapat dikatakan paling berbahaya diantara virus ponsel bahaya lainnya.

Demikian banyaknya virus yang berhasil menyerang ponsel Symbian membuat Nokia terus memperbaiki keamanannya. Hingga kini Nokia telah memperketat keamanan untuk ponsel Nokia dengan sistem operasi Symbian edisi 3 dan 5. Sedangkan untuk edisi 1 dan 2 masih rentan terhadap virus. Namun demikian, ponsel – ponsel keluaran masa kini sudah tidak ada lagi yang menggunakan Symbian edisi 1 dan 2. Antivirus diperlukan ketika virus memang rentan menyerang. Namun bila tidak, tidak perlu digunakan karena memberatkan kinerja ponsel yang akan menjadi lambat dan berat. Beberapa antivirus yang dapat digunakan, diantaranya: SimWorks antivirus, Kaspersky Antivirus Mobile, F – Secure Mobile Antivirus, dan Symantec Mobile Security for Symbian. Selain menggunakan antivirus, ada beberapa pencegahan yang dapat dilakukan. Pencegahan ini seperti menyalakan Bluetooth, infrared, dan WiFi hanya saat dibutuhkan saja, hati – hati saat melakukan peng-instal-an permainan dan nada dering, dan lebih bijak dalam menggunakan internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s