Virus Jahat Zeus

Virus komputer merupakan aplikasi atau program yang mampu memasukkan dirinya ke dalam program, folder, ataupun sistem komputer, dan juga sanggup menggandakan dirinya sendiri. Virus bersifat merusak. Sedangkan virus telepon seluler (ponsel) adalah serupa seperti virus pada komputer yang pada akhirnya juga sanggup membuat sistem operasi ponsel menjadi tidak bekerja sebagaimana mestinya. Salah satu jenis virus yang perlu diwaspadai adalah virus Zeus.

Zeus merupakan jenis virus trojan yang pertama kali diidentifikasi pada bulan Juli 2007. Pada Maret 2009, virus ini mulai menyebar semakin luas. Target awal dari Zeus adalah komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Adapun target pengoperasiannya adalah dengan mencuri data yang dibutuhkan untuk login berbagai aplikasi, seperti jaringan sosial, akun e-mail, dan online banking.

 Kurun waktu ini, Zeus telah berhasil membobol data nasabah bank yang berimbas diambilnya dana nasabah yang nilainya tentu saja besar. Zeus tidak bisa dideteksi hanya dengan firewall biasa. Virus Zeus yang pada awalnya hanya mencuri data login saja, pada perkembangannya berubah menjadi virus yang lebih ganas dengan mampu melakukan transfer dana.

Zeus yang awalnya merupakan virus komputer, kini telah berhasil mengembangkan dirinya menjadi virus ponsel. Jenis sistem operasi yang menjadi target selanjutnya adalah Blackberry OS, sistem operasi besutan RIM (Research In Motion).

Blackberry OS merupakan sistem operasi yang diklaim aman dari gangguan virus. Pernyataan tersebut layaknya kini perlu dipertimbangkan ketika virus Zeus berhasil menjebol pertahanan Blackberry. Sama seperti saat menyerang komputer, pada ponsel pun Zeus menargetkan dapat mencuri data pribadi pengguna. Tidak seperti di komputer yang sudah menyebar luas, Zeus pada ponsel masih belum mewabah.

Virus Zeus ponsel yang saat ini merebak, menargetkan operasinya pada pesan dan panggilan telepon. Virus ini sanggup mengirimkan pesan ke ponsel pengguna tanpa sepengetahuan pengguna itu sendiri, mampu melakukan penolakan terhadap berbagai nomor kontak yang dikehendaki, bahkan mampu menghapus daftar itu sendiri. Proses pengiriman dan penerimaan pesan dapat diatur sebagai akibat dari ter-instal-nya virus Zeus.

Blackberry yang fitur andalannya bekerja dengan fasilitas internet lah yang menyebabkan virus dapat masuk. Beberapa antisipasi dapat dilakukan untuk menghindari masuknya virus ini, yaitu dengan lebih berhati – hati dalam menggunakan internet serta memfasilitasi ponsel Blackberry dengan antivirus.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s