Berbagai Jenis Antivirus Untuk Telepon Seluler

Telepon seluler (ponsel) masa kini semakin canggih, memiliki fitur yang menarik, semakin mudahnya akses pertukaran data, serta dilengkapi dengan fasilitas internet. Kemajuan ini selain berdampak positif juga memiliki efek mudah masuknya serangan virus. Virus yang menyerang akibat dari pertukaran data yang tidak aman dan pengaksesan internet. Berbagai jenis virus yang dapat menyerang antara lain: CommWarrior, Skulls, Phone Book Stealer, Basello, Cabir, Mabir, AppDisabler, Destroyer, Gembox, Losco, Card Trap, Doomed, dan Skudom. Salah satu cara pencegahan ponsel terserang virus adalah dengan memasang antivirus. Beberapa jenis antivirus ponsel yang bisa digunakan diantaranya: Symantec Mobile Security, Kaspersky Mobile Security, SimWorks Antivirus, F – Secure Mobile Antivirus, Avira Mobile Antivirus, McAfee VirusScan Mobile, Bitdefender, Panda Antivirus, Bull Guard Antivirus, dan Trendmicro Mobile Security.

Symantec Mobile Security merupakan antivirus yang bagus untuk melindungi ponsel Symbian s60v2 dari serangan virus – virus berbahaya. Symantec merupakan perusahaan terdepan dalam penanggulangan virus, yang terkenal dengan “Norton”. Antivirus ini mampu melindungi ponsel dari virus dan koneksi yang meragukan. Virus akan dideteksi, dikarantina, dan dihapus. Sedangkan koneksi yang meragukan akan terdeteksi sehingga dapat disetujui atau ditolak. Keamanan ini terjamin secara otomatis dengan fasilitas update yang juga otomatis. Antivirus ini mampu melindungi ponsel segera setelah proses instalasi berhasil. Seperti antivirus Symantec untuk PC, versi mobile juga mudah digunakan. Pengaturan scanning bisa disesuaikan sendiri oleh pengguna, otomatis atau manual. Antivirus ini memudahkan pengguna dalam mengetahui adanya serangan virus karena dilengkapi dengan pemberitahuan virus masuk.

Kaspersky Mobile Security merupakan salah satu produk besutan Kaspersky, perusahaan dari Rusia. Antivirus ini dapat digunakan pada sistem operasi Symbian, BlackBerry, Android, dan Windows Mobile. Serta diperlukannya koneksi internet supaya dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Kaspersky Mobile Security memilki beberapa kelebihan, diantaranya:

1. Memberikan perlindungan maksimal;

Perlindungan yang dimaksud di sini adalah privatisasi. Fitur – fitrur yang dapat diprivatisasi seperti nomor kontak, SMS, dan daftar panggilan masuk dan keluar. Untuk mengubah ke dalam bentuk mode privat dapat dilakukan dengan 3 cara: manual, otomatis, ataupun jarak jauh (melalui pengiriman SMS khusus).

2. Menemukan lokasi ponsel;

Ketika ponsel pengguna hilang, lokasinya dapat ditemukan dengan fitur GPS. Ponsel dapat diblokir seketika saat hilang. Bahkan data – data pada ponsel pun dapat dihapus.

3. Melindungi kontak, foto, dan berkas dari pengaksesan yang mencurigakan;

Cara melindunginya adalah dengan menaruh semua berkas yang diinginkan dalam suatu folder yang telah dienkripsi.

4. Melakukan pemblokiran terhadap telepon ataupun SMS yang tidak diinginkan;

5. Pengontrolan terhadap anak – anak;

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari anak – anak menggunakan ponsel secara tidak bijak.

6. Melindungi dari serangan malware dan berbagai virus internet.

Berbagai serangan virus dapat ditangkis, meliputi trojan, worm, dll.

McAfee VirusScan Mobile merupakan antivirus untuk ponsel besutan McAfee. Seperti telah diketahui, McAfee sendiri merupakan perusahaan terdepan dalam menciptakan antivirus untuk PC. Sedangkan untuk versi mobile, antivirus ini mampu melindungi sistem dari ancaman malware, worm, trojan, dan berbagai macam ancaman lainnya. Antivirus melakukan scanning dan pembersihan data ponsel. Fitur – fitur yang dapat dilindungi diantara:       e-mail, SMS, dan internet. Virus yang terdeteksi akan otomatis di bersihkan. McAfee VirusScan Mobile Security bekerja pada sistem operasi Android versi 2.1 – 4.0. Beberapa keunggulan antivirus ini adalah:

1. Mendeteksi virus secara real time;

Virus yang dideteksi pada e–mail, SMS, dan internet dapat ditanggulangi secara cepat dan tepat.

2. Melindungi data;

Data – data pada ponsel menjadi terjamin, terhindar dari gangguan worm, malware, trojan, dll.

3. Tidak menggangu kinerja ponsel;

Ketika virus terdeteksi, virus tersebut akan diblokir dan dibersihkan tanpa menggangu / melambatkan kinerja ponsel.

4. Update secara otomatis;

SimWorks Antivirus melindungi ponsel dari serangan virus Cabir, Mabir, Locknut, Drever, Redbrowser, dan Skulls. Antivirus ini dapat digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Symbian. Berbagai fitur yang diusung SimWorks Antivirus antara lain: antivirus bekerja pada aplikasi khusus ponsel, pendeteksian virus secara real time, scanning bisa dilakukan secara manual maupun otomatis, hasil scanning terkini maupun yang telah lampau dapat dilihat kembali, fasilitas update selama 12 bulan, dan antivirus bisa dengan mudahnya diinstal. Waktu dan proses scanning virus dapat ditentukan sendiri oleh pengguna. Ketika memilih scanning secara otomatis, maka prosesnya akan berjalan seketika begitu ponsel dinyalakan.

Meskipun antivirus telah dipasang pada ponsel, pengguna ponsel tetaplah harus berhati – hati. Semakin canggih antivirus yang ada, semakin menarik minat pembuat virus untuk menciptakan virus – virus yang lebih ganas. Hati – hati dan bijak diperlukan dalam penggunaan ponsel terutama yang menyangkut penggunaan internet dan data kabel.

One thought on “Berbagai Jenis Antivirus Untuk Telepon Seluler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s