Nikmatnya Bermain Instagram

Foto merupakan suatu bentuk dari obyek yang mampu mengekpresikan obyek tersebut. Pada awalnya foto hanya disimpan dalam foto album. Seiring berkembangnya zaman mulai muncul lah kamera digital yang ikut menggeser paradigma dari sebuah foto. Foto mulai disimpan dalam bentuk digital. Pada perkembangan selanjutnya, foto album dalam jejaring sosial mulai digemari, hal ini dibarengi dengan populernya jejaring sosial tersebut. Berbagai aplikasi ditujukan untuk membuat foto menjadi lebih menarik. Adapun salah satu aplikasi yang fokus pada foto adalah Instagram.

Instagram diciptakan oleh duo lulusan Stanford University, Mike Krieger dan Kevin Systrom. Mereka merupakan CEO dari perusahaan yang mereka dirikan sendiri, Burbn Inc. Aplikasi ini awalnya dibuat dengan banyak fitur seperti: menjaring teman, menggugah foto, dll. Karena banyaknya fitur ini menjadikannya tidak fokus, sehingga kedua CEO memutuskan untuk fokus pada fitur foto. Fitur foto inilah yang menjadi cikal bakal Instagram.

Nama instagram merupakan gabungan dari instan dan telegram. Instan di sini memilki arti foto yang dihasilkan bisa instan seperti pada kamera Polaroid, sedangkan telegram diartikan dengan pengiriman yang cepat. Dari kombinasi ini, Instagram dapat diartikan sebagai aplikasi penghasil foto yang instan dengan kemampuan pengiriman yang cepat. Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis.

Fungsi utama dari Instagram adalah untuk mengambil, menggugah, dan menyunting foto. Berbagai efek bisa diterapkan dalam penyuntingan foto. Foto juga dapat digugah ke berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Flickr. Foto dalam Instagram akan diubah ke dalam bentuk persegi. Instagram ditujukan khusus untuk sistem operasi telepon seluler. Aplikasi ini telah berkembang dengan sangat baik pada sistem operasi iOS. Pada awalnya baru iPhone, iPad, dan iPod Touch yang dapat menggunakan Instagram. Namun kini Android pun telah dapat memanfaatkan aplikasi ini. Hanya saja baru terbatas pada Android versi 2.2 ke atas. Untuk Android, Instagram dapat diunduh gratis melalui Google Play. Selain 3 fitur utama tadi, Instagram juga memuat fitur untuk pengikut (follower) seperti pada Twitter dan memberikan tanda suka seperti pada Facebook.

Selain populer, Instagram juga memilki berbagai keunggulan. Fitur – fitur yang disediakan sangat menarik dan sesuai dengan keinginan pengguna masa kini. Instagram bukan sekedar aplikasi yang mendukung penyuntingan foto saja, namun juga bisa diunggah ke jaringan sosial yang sekarang juga sedang populer dan banyak penggunanya. Terdapat 16 efek yang bisa digunakan dalam penyuntingan, meliputi: X – Pro II, Lomo – Fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Nashville, 1977, Lord Kelvin, Valencia, Amaro, Rise, dan Hudson. Selain itu juga ada Tilt – Shift, fitur untuk memberikan efek pada kamera. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna untuk melakukan pemburaman pada foto dan fokus pada suatu titik tertentu. Fitur – fitur yang menarik ini juga ditunjang kemampuan Instagram memberikan tanda suka pada foto. Aplikasi menjadi semakin menarik dan menantang pengguna menggugah foto – foto yang cantik dan berkualitas. Pada awalnya,fitur Tilt – Shift hanya tersedia untuk iOS, namun kini telah tersedia juga untuk Android. Instagram pada Android perlahan – lahan mulai sebaik iOS. Hal ini dinilai wajar jika pengembang tertarik untuk melebarkan sayapnya karena tidak dapat dipungkiri jika Android merupakan salah satu sistem operasi populer masa kini.

Meski saat ini baru iOS dan Android yang bisa memakai Instagram, pengembang Instagram tetap diacungi jempol, bisa mengembangkan suatu aplikasi yang sedemikian terkenalnya dengan sumberdaya manusia yang terbatas. Bahkan pada 9 April 2012, Facebook telah mengambil alih Instagram senilai total USD 1 miliar. Disamping kelebihan yang dimiliki, Instagram juga masih memiliki berbagai kekurangan. Aplikasi ini membutuhkan banyak memori, sehingga kurang cocok bagi pengguna yang memori penyimpanannya terbatas. Selain itu, foto yang diambil akan diubah oleh Instagram ke dalam bentuk persegi. Pengguna tidak diberikan pilihan mengenai bentuk lainnya. Instagram juga belum tersedia untuk BlackBerry, padahal BlackBerry juga merupakan salah satu sistem operasi yang banyak penggunanya.

Masa depan Instagram masih terlihat cerah. Banyak fitur yang masih dapat dikembangkan, terutama pengembangan Instagram untuk sistem operasi selain iOS dan Android. Instagram bukan lagi aplikasi eksklusif untuk iOS, karena kini sudah dapat dinikmati oleh Android juga. Meski pada awalnya fitur Tilt – Shift belum ada, namun kini dengan sudah adanya fitur tersebut dan juga persamaan berbagai fitur lainnya menjadikan Instagram makin dicintai pengguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s