Tiga Puluh Tahun Perkembangan Microsoft Windows

Windows merupakan sistem operasi komputer yang diciptakan oleh Paul Allen dan Bill Gates. Sistem operasi ini mendukung proses penciptaan sebuah komputer yang memilki tujuan untuk mempermudah dan mempercepat suatu proses pengerjaan dokumen dari suatu mesin tik. Sebelum Windows tercipta, sistem operasi yang naik daun ialah MS-DOS. Sistem operasi ini cukup baik, namun tidak cukup mudah untuk digunakan. Perlu diciptakan sistem operasi yang benar – benar mudah dimengerti oleh pengguna, Windows menjawab kesulitan tersebut.

Pada tahun 1983, sistem operasi Windows yang pertama, yaitu Windows 1.0 diumumkan. Namun demikian, baru 2 tahun kemudian, yaitu pada tanggal 20 November 1985 Windows 1.0 resmi dirilis. Penggunaan Windows ini sudah bergerak ke arah yang lebih modern dibandingkan MS-DOS. Jika pada MS-DOS diperlukan pengetikan perintah–perintah, pada Windows 1.0 hanya perlu menggerakan mouse dan “klik”. Tersedia berbagai menu, ikon, kotak-kotak dialog, dan scroll bar yang membuat program tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga mudah dipelajari. Dalam Windows 1.0 sudah termaktub fitur Paint, Notepad, Calculator, Calender, Clock, dan permainan.  Versi terakhir dari Windows 1.0 adalah Windows 1.04 yang dirilis pada tahun 1987. Windows 1.0 didukung oleh Microsoft untuk waktu yang cukup lama, 16 tahun, terlama dari semua versi Windows. Kebutuhan minimum sistem operasi Windows 1.0 adalah RAM 256 KB, 2 double–sided disk drives, CGA/Hercules/EGA, dan MS–DOS 2.0.

Pada akhir tahun 1987, tepatnya tanggal 9 Desember, Windows 2.0 diluncurkan. Beberapa perubahan yang tampak antara lain: sudah adanya ikon pada desktop, pertambahan ruang penyimpanan, dan fitur Control Panel. Windows versi ini didesain untuk prosesor Intel 286. Pada perkembangannya , Windows ini juga mendukung Intel 386, dengan tambahan ruang penyimpanan. Bertambahnya ruang penyimpanan didukung oleh kecepatan yang semakin baik. Selain Windows 2.0, juga ada Windows 2.1x yang mengeluarkan versi terakhirnya di Windows 2.11 pada tanggal 13 Maret 1989. Perubahan yang terjadi berkaitan dengan ruang penyimpanan dan pencetakan. Kemampuan untuk mencetak semakin cepat dan sudah dapatnya dilakukan pembaharuan untuk printer driver. Kebutuhan minimum sistem operasi Windows 2.0 dan 2.1x adalah RAM 512 KB, 1 disket floppy , 1 hard disk (HD), kartu adapter grafik, dan   MS–DOS 3.0.

Pertengahan 1990 Microsoft merilis Windows 3.0. Dua tahun kemudian, Windows 3.1 pun diluncurkan. Windows menjadi semakin populer dan menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan, baik di rumah maupun di kantor. Beberapa perubahan dialami, kinerja semakin membaik dan grafik dengan 16 warna. Penggunaan prosesor Intel 386 membuat kinerja Windows 3.0 semakin cepat. Fitur–fitur baru juga terdapat di versi ini, seperti: Program, File, dan Print Manager. Selain itu juga terdapat aplikasi permainan meliputi: Solitaire, Hearts, dan Minesweeper. Permainan–permainan ini hingga kini masih menjadi ikon Windows dan tetap populer. Cara instalasinya pun masih menggunakan disket floppy. Kebutuhan minimum sistem operasi Windows 3.1x adalah memori 1 MB, ruang penyimpanan kosong sebesar 6,5 MB, prosesor Intel 80286, dan MS–DOS 3.1.

Pada tanggal 24 Agustus 1995, Windows 95 dirilis. Pada tahun tersebut, internet mulai digemari. Microsoft jeli melihat peluang tersebut dan menyertakan fasilitas yang mendukung koneksi internet pada Windows 95. Pada tahun itu juga versi pertama dari penjelajah populer Internet Explorer dirilis. Selain itu, Windows 95 juga dilengkapi dengan kemampuan Plug and Play yang memudahkan instalasi perangkat keras dan lunak yang baru. Dari segi kemampuan multimedia, jaringan terintegrasi, dan berbagai fitur juga diperbaiki.Instalasi versi ini dapat menggunakan disket floppy maupun CD-ROM. Tersedia dalam 12 bahasa. Fitur – fitur baru yang ada diantaranya; menu start, taskbar, dan menu pengecilan, pembesaran, serta menutup jendela. Kebutuhan minimum sistem operasi Windows 95 adalah RAM 4 MB, prosesor Intel 80386 DX, dan 50 MB HD.

Tiga tahun kemudian, tepatnya 25 Juni 1998, Windows 98 diluncurkan. Sistem operasi ini diciptakan untuk memudahkan pengguna, terlebih lagi dalam hal menggunakan internet. Windows 98 dapat membaca DVD dan USB. Quick Launch pertama kali diperkenalkan pada versi ini. Kebutuhan minimum sistem operasi Windows 98 adalah RAM 16 MB, VGA, CD–ROM, DVD–ROM, 500 MB HDD, prosesor  486 DX–2/66 MHz, dan mouse.

Windows Me diciptakan khusus untuk digunakan di rumah. Fitur yag ditawarkan lebih menarik dibandingkan versi sebelumnya. Fitur pertama yang muncul di versi ini adalah System Restore. Ini merupakan fitur yang digunakan untuk mengembalikan konfigurasi perangkat lunak PC ke waktu sebelum terjadi kerusakan/masalah. Pengguna dimanjakan dengan fasilitas lagu dan video yang terdapat dalam Windows Movie Maker dan Windows Media Player. Pengkodean Windows Me masih berbasiskan Windows 95. Kebutuhan minimum sistem operasi Windows Me adalah RAM 32 MB, prosesor Pentium 150 MHz, dan 320 MB HD.

Versi berikutnya adalah Windows 2000 yang didesain untuk menggantikan Windows 95, 98, dan NT. Windows 2000 memfokuskan diri pada kemudahan penggunaan, kenyamanan, dan internet. Selain itu, versi ini memberikan kemudahan saat instalasi perangkat keras. Kebutuhan minimum sistem operasi Windows 2000 adalah RAM 32 MB, 700 MB HD, dan prosesor Pentium 133 MHz.

Setahun berselang, Windows XP diluncurkan. Windows ini tersedia dalam 25 bahasa. Windows XP merupakan salah satu Windows dengan penjualan terbaik sepanjang masa. Versi ini lebih stabil dan cepat. Pengoperasiannya pun lebih mudah. Disertakan juga fasilitas Help dan Support untuk pengguna. Terdapat 2 versi, yaitu Home Edition dan Professional. Beberapa edisi telah diluncurkan, diantaranya: Windows XP 64–bit yang didesain untuk pengguna yang membutuhkan banyak memori, Windows XP Media Center Edition yang didesain untuk komputasi dan hiburan, serta Windows XP Tablet PC Edition yang didesain dengan penambahan pena digital. Kebutuhan minimum sistem operasi Windows XP adalah RAM 63 MB, 1,5 GB HD, dan prosesor 233 MHz.

Setelah sekian lama Microsoft bertahan dengan Windows XP, pada tahun 2006 Microsoft mengeluarkan Windows terbarunya yang diberi nama Windows Vista. Windows ini diketahui sebagai Windows dengan sistem keamanan terkuat. Enkripsi data diperkuat, sehingga keamanan data lebih terjamin. Pengguna semakin dimanjakan dengan berbagai fasilitas multimedia, bahkan menonton televisi pun dapat dilakukan. Windows Vista tersedia dalam 35 bahasa. Versi ini menampilkan desain yang baru. Kebutuhan minimum sistem operasi Windows Vista adalah RAM 512 MB, 32 MB memori grafik, 20 GB HD, 15 GB ruang penyimpanan kosong, dan prosesor 800 MHz.

Versi terbaru dari Windows adalah Windows 7. Dirilis pada Oktober 2009. Windows ini mendukung teknologi nirkabel. Fitur debutannya adalah Windows Touch. Fitur ini memungkinkan penggunaan jari untuk menjelajah, membuka berkas, dan mengklik foto. Windows ini tercatat sebagai sistem operasi dengan penjualan tercepat dalam sejarah. Kebutuhan minimum sistem operasi Windows 7 adalah RAM 1 GB, 16 GB HD, grafik DirectX 9 dengan WDDM 1.0, dan prosesor 1 GHz.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s