SMS Gateway

Pada era modern sekarang ini, teknologi merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Perkembangan yang terjadi sangat cepat dan mengarah menuju masyarakat informasi. Masyarakat Indonesia yang awalnya merupakan masyarakat agraris, perlahan mulai mengarah menjadi masyarakat informasi. Perkembangan teknologi yang cepat ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

SMS adalah suatu fasilitas untuk mengirimkan dan menerima pesan singkat yang berupa teks melalui telepon seluler. Pesan dikirim melalui SMS Center (SMSC) yang mempunyai peran untuk menyimpan dan mengirimkan kembali SMS yang gagal terkirim, dalam hal ini apabila diakibatkan oleh tidak aktifnya telepon seluler penerima pesan. Jumlah karakter yang dapat dikirim dalam 1 (satu) SMS terbatas pada 160 karakter. Hal ini berhubungan dengan format sinyal yang digunakan untuk mengirimkan data.

Gateway adalah suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan 1 (satu) jaringan komputer dengan 1 (satu) atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda. Sedangkan SMS Gateway adalah aplikasi pesan SMS dengan menggunakan bantuan peralatan gateway yang terintegrasi dengan server basis data sehingga dapat mendistribusikan pesan secara otomatis. SMS balasan yang telah disiapkan tersimpan di dalam server basis data. Dibutuhkan suatu program tambahan untuk mengambil data dari server basis data untuk kemudian dikirimkan secara otomatis kepada pengirim pesan. Hal inilah yang menjadikan SMS Gateway teknologi yang canggih dan berdaya guna.

SMS Gateway memiliki berbagai keunggulan di berbagai bidang, pada khususnya di bidang komunikasi, diantaranya:

  1. Promosi

Perusahaan dapat melakukan promosi dengan menggunakan SMS Gateway. Metode ini dinilai lebih hemat dibandingkan promosi melalui media cetak maupun televisi. Promosi ini juga praktis karena dapat mengirimkan SMS sekaligus ke banyak nomor dalam 1 kali pengiriman.

  1. Pengingat pembayaran

SMS Gateway juga dimanfaatkan untuk fasilitas pengingat pembayaran, baik itu kartu kredit, asuransi, televisi berbayar, maupun tagihan lainnya. Hal ini menguntungkan juga dari sisi pengguna. Pengguna seakan mempunyai pengingat pribadi, sehingga tidak terlewat jatuh tempo pembayaran.

  1. Informasi

Informasi yang disampaikan melalui SMS Gateway tentunya lebih mudah, cepat, dan efisien.

  1. Polling

SMS Gateway pun dapat dimanfaatkan untuk melakukan polling. Bagi pengirim yang berkepentingan, metode ini cukup membantu dan menghemat biaya serta tenaga.

  1. Survei

Survei pada awalnya dilakukan dengan cara mencari orang yang akan disurvei, ke penjuru negeri, dan dengan memberikan beberapa lembar kertas yang berisi pertanyaan untuk diisi. Seiring berkembangnya teknologi, metode survei pun berkembang ke arah elektronik, yaitu melalui website ataupun surat elektronik. Survei elektronik lebih hemat biaya dibandingkan survei konvensional. Survei ini bahkan bisa menjangkau seluruh dunia tanpa terbatas ruang dan waktu. Segmen orang yang akan disurvei pun dapat disortir seketika. Metode survei terbaru yang cukup mudah adalah melalui SMS Gateway. Hampir semua orang mempunyai telepon seluler (ponsel), sehingga survei melalui SMS dinilai cukup membantu. Survei melalui SMS Gateway efektif untuk survei yang bersifat singkat.

  1. Kuis

Beragam kuis yang banyak berbedar melalui ponsel sekarang adalah menggunakan SMS Gateway. Bagi penyedia layanan, kuis ini cukup menguntungkan, dari segi efektifitas waktu, biaya, maupun penghasilan. Namun bagi pengguna perlu berhati-hati, karena layanan ini dapat menyedot pulsa. Semua bergantung dari penyedia layanan bagaimana mengatur soal pembiayaan.

Bagi penyedia layanan yang menggunakan perangkat lunak SMS Gateway, hal yang perlu diperhatikan adalah keamanan dan ketersediaan data. Beberapa perangkat lunak SMS Gateway menggunakan basis data sebagai media penyimpanan data. Proses pemulihan kembali basis data ini terkadang menemui hambatan. Perlu adanya modul yang dapat menjaga servis tetap berjalan dengan baik meskipun digunakan 24 jam tanpa henti. Modul ini nantinya diharapkan juga mempunyai sistem pemulihan kembali yang otomatis mendeteksi dan memperbaiki kerusakan struktur basis data. Dengan adanya layanan SMS Gateway yang aman, nyaman, dan murah, bukan tidak mungkin layanan ini akan semakin digemari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s