Aplikasi Desktop vs Aplikasi Web

          Desktop ditinjau dari asal katanya yaitu desk yang berarti meja dan top yang berarti di atas, dapat diartikan secara harfiah menjadi suatu komputer yang ditempatkan di atas meja dan digunakan untuk berbagai keperluan, baik itu keperluan pribadi maupun pekerjaan. Desktop merupakan komputer yang tidak diperuntukkan untuk dibawa kemana-mana ataupun dijinjing. Sebuah komputer desktop digunakan untuk mengakses program tertentu. Program yang diakses pada komputer desktop inilah yang seringkali disebut dengan aplikasi desktop. Aplikasi desktop merupakan aplikasi yang dapat berjalan sendiri tanpa memerlukan adanya koneksi internet.

        Antonim dari aplikasi desktop yang tidak memerlukan adanya koneksi internet, adalah aplikasi web yang memerlukan koneksi internet. Web merupakan singkatan dari website yang dapat diartikan sebagai halaman yang memuat informasi tertentu yang ditampilkan melalui internet. Desain web terbagi menjadi beberapa lapisan, yaitu lapisan terstruktur, lapisan presentasi, dan lapisan perilaku. Lapisan terstruktur berkaitan dengan susunan dari dokumen web serta format yang dipakai. Berbagai tipenya diantaranya: Extensible Hypertext Markup Language (XHTML) dan Extensible Markup Language (XML). Sedangkan layar presentasi berkaitan dengan pengaturan tampilan dokumen pada layar, format cetak, dan pengeluaran suara.

 

        Web biasanya diletakkan di sebuah server web yang dapat diakses tidak hanya melalui jaringan internet namun juga lokal (LAN). Pada implementasinya, penggunaan fasilitas web tidak hanya bersifat informatif tetapi juga aplikatif yang dipakai oleh perusahaan maupun instansi sebagai sistem aplikasi sehari-hari. Hal ini yang menjadikan beberapa web tidak lagi bersifat publik, tetapi sudah diproteksi melalui login dan otoritas kewenangan tertentu. Proteksi ini dimaksudkan sebagai keamanan supaya hanya yang memiliki akses yang bisa melihat konten dari web.

      Jenis web dibagi menjadi 2, yaitu web statis dan web dinamis. Web statis merupakan web yang halamannya tidak berubah. Pada web statis, informasi yang disajikan biasanya merupakan informasi 1 arah. Perubahan pada isi web dilakukan secara manual dengan mengubah pengkodean. Contoh dari web statis adalah informasi profil instansi, visi, misi, dll. Sedangkan web dinamis merupakan web yang halamannya selalu terbaru mengikuti kebutuhan. Informasi yang disajikan adalah informasi 2 arah yang memungkinkan adanya interaksi antara pengelola web dengan pihak lain. Media sosial merupakan contoh dari web dinamis, seperti Twitter, Facebook, dll.

 

         Selain klasifikasi statis dan dinamis, jenis web juga dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, yaitu: web instansi, web pribadi, web portal, dan web pencarian. Web intansi merupakan web yang dikelola dan digunakan oleh perusahaan/instansi pemerintahan untuk memberikan informasi tentang perusahaan/instansi. Contohnya adalah web Kementerian Kelautan dan Perikanan: http://www.kkp.go.id. Sedangkan web pribadi adalah web yang dikelola dan digunakan oleh perorangan. Web ini berisi tentang informasi pribadi. Selain itu, ada juga web portal yang merupakan web yang memberikan informasi serta fasilitas mesin pencari. Contohnya adalah web Yahoo!. Sedangkan web pencarian merupakan web yang memfasilitasi mesin pencarian, seperti Google Search.

 

        Desain web haruslah eye catching dan user friendly. Web mempunyai alamat yang unik. Beberapa nama domain yang biasanya digunakan adalah dengan akhiran sebagai berikut:

1. .co.id –> menunjukkan wilayah Indonesia;

2. .ac.id –> web akademisi;

3. .org –> web organisasi;

4. .go.id –> web pemerintahan;

5. .net, dll.

 

        Kegunaan web dimanfaatkan dengan baik oleh khalayak umum. Web kini tidak hanya diperuntukkan untuk memberikan informasi saja, tetapi sudah mengarah ke transaksi jual beli, atau yang biasa disebut online shop. Penghasilan kini tidak hanya dapat dihasilkan di dunia nyata, tetapi sudah merambah dunia maya. Berbagai online shop telah menjamur, baik yang terpercaya maupun yang hanya menipu. Web pun digunakan sebagai ajang sosial untuk mengenal teman baru maupun menemukan teman lama. Melalui web juga transaksi pertukaran berkas terasa lebih mudah dan cepat.

 

          Aplikasi yang dijalankan berbasis desktop maupun web pastilah berbeda. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun kelebihan aplikasi berbasis desktop adalah sebagai berikut:

1. Tidak memerlukan koneksi internet;

2. Dapat berdiri sendiri;

3. Proses aplikasi cepat;

4. Lebih aman dari gangguan pencurian data maupun serangan virus;

5. Biaya pemeliharaan lebih irit.

 

Sedangkan kekurangan dari aplikasi berbasis desktop adalah:

1. Harus diinstal terlebih dahulu;

2. Diperlukan spek khusus;

3. Bergantung pada sistem operasi tertentu;

4. Terkendala lokasi fisik.

 

Selain itu, dapat dilihat kelebihan aplikasi berbasis web adalah sebagai berikut:

1. Tidak perlu proses instalasi;

2. Dapat dibuka diberagam sistem operasi;

3. Dapat diakses tidak hanya di komputer, tetapi juga bisa di laptop maupun telepon selular;

4. Tidak memerlukan spek khusus.

 

Sedangkan kekurangan dari aplikasi berbasis web dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Membutuhkan koneksi internet;

2. Membutuhkan sistem keamanan yang handal terkait dengan keamanan data dan pertukaran informasi maupun transaksi;

3. Proses aplikasi bisa terhambat apabila koneksi internet kurang cepat;

4. Memerlukan biaya pemeliharaan.

 

       Manakah yang lebih baik? Persoalan lebih baik dan tidak bergantung dari kebutuhan pengguna. Apabila pengguna membutuhkan proses yang cepat dan tidak membutuhkan membuka aplikasi di berbagai tempat, maka aplikasi berbasis desktop lebih tepat digunakan. Apabila pengguna memerlukan membuka aplikasi dimanapun dia berada, maka aplikasi berbasis web lebih tepat digunakan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang saling kuat di sisi yang berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s