Tergila-gila Android

Image

Android merupakan suatu sistem operasi yang digunakan di ponsel maupun tablet dan berbasis Linux. Android mempunyai logo berupa robot berwarna hijau muda dengan mata dan 2 antena. Android pertama kali diluncurkan pada tahun 2007. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, ada berbagai tipe Android, diantaranya: versi 1.1, cupcake, donut, éclair, froyo, gingerbread, honeycomb, ice cream sandwich, dan jelly bean.

 

Pada akhir 2013 telah diluncurkan 2 versi terbaru dari Android, yaitu jelly bean versi 4.3 dan kitkat dan khusus untuk android kitkat akan dibahas lebih lanjut pada penulisan berikutnya. Jelly bean 4.3 dirilis secara resmi pada tanggal 22 Agustus 2013. Nexus 7 disinyalir sebagai ponsel pertama yang mencicipi versi ini. Beberapa perbaikan yang dihadirkan oleh versi ini adalah:

1. Penggunaan multi pengguna dengan pengaturan yang berbeda.

            Seperti halnya di komputer, ponsel android dengan jelly bean 4.3 memiliki kemampuan untuk login sebagai pengguna yang berbeda-beda dengan pengaturan yang berbeda untuk masing-masing pengguna.

2.  Smart Bluetooth.

            Penggunaan Bluetooth yang hemat daya.

3. Mendukung open GL ES 3.0.

            Mendukung performa grafis menjadi lebih baik.

 

Android memiliki berbagai fitur yang menarik dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, yaitu WhatsApp. WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat yang penggunaannya dengan pulsa internet. Cukup berlangganan internet sesuai dengan pilihan provider, pesan WhatsApp bisa dikirimkan sebanyak mungkin. Di sistem operasi lainnya, WhatsApp juga dapat beroperasi, namun hasilnya tidak sebaik jika berjalan di Android.

 

Beberapa langkah sebelum dapat menjalankan WhatsApp adalah sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi.

2. Instal aplikasi ke ponsel.

3. Mendaftarkan nomor ponsel.

4. Masukkan kode konfirmasi.

5. Aplikasi WhatsApp secara otomatis akan menampilkan daftar dari buku kontak yang juga menggunakan aplikasi yang sama.

6. WhatsApp sudah dapat digunakan.

 

Selain pengiriman pesan secara individual, WhatsApp juga mendukung broadcast pesan dan pembuatan grup. Pesan yang dapat dikirim berupa teks, smiley, gambar, video, audio, dan kontak. Pengguna aktif WhatsApp berkisar di angka 430 juta orang dengan pesan yang beredar setiap harinya sekitar 50 Milyar. Angka yang sangat fantastis melampaui penggunaan SMS. Jika dihitung secara finasial, penggunaan WhatsApp memang lebih irit dibandingkan dengan SMS.

 

BBM sebagai ikon yang membawa Blackberry (BB) ke tingkat atas juga pada akhirnya berhasil direngkuh oleh Android dengan versi Jelly Bean. Para pengguna BB yang awalnya enggan menggunakan android karena alasan tidak mau kehilangan pertemanan di BBM pun akhirnya banyak beralih ke ponsel android.

 

Sama-sama merupakan messenger, WhatsApp memiliki keunggulan dibandingkan dengan BBM. WhatsApp dapat secara otomatis mengenerasi nama kontak, sedangka BBM harus mendaftarkan teman dahulu. BBM memakai PIN sebagai identitas, sedangkan WhatsApp langsung menggunakan nomor telepon terdaftar. Secara sistem dan metode lebih simpel WhatsApp. Hal ini yang menjadikan WhatsApp cepat digemari meski rilisnya baru sekitar 5 tahun.

 

Pada pembahasan sebelumnya telah dijabarkan berbagai kelebihan fitur Android, adapun secara global Android memiliki kelebihan sebagai berikut:

1. Android berbasis Linux, sehingga bersifat terbuka.

2. Sistem operasi yang digunakan oleh banyak produsen ponsel.

3. Fasilitas penuh untuk USB.

4. Notifikasi lengkap.

5. Bekerja sama penuh dengan Google.

 

Selain berbagai kelebihannya, Android juga memiliki kekurangan, antara lain:

1. Koneksi internet aktif yang menyebabkan boros dalam hal pemakaian baterai.

2. Bahaya malware.

3. Berbagai aplikasi didapati beriklan.

 

Pemilihan tipe ponsel Android akan menjadi sangat bijak sekali dalam menentukan prioritas yang dikehendaki. Jika tidak memerlukan internet yang sangat cepat, cukup membeli versi gingerbread dan dapat nyaman ber-WhatsApp ria. Sedangkan jika memiliki kebutuhan untuk koneksi internet sangat cepat, dibutuhkan versi android di atasnya dengan konsekuensi pemakaian baterai yang lebih boros.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s