Kitkat, Android Versi Teranyar

Kitkat

Kitkat merupakan Android versi terbaru sebagai lanjutan dari Android Jelly Bean. Sistem operasi yang dipakai masih merupakan lanjutan dari Jelly Bean dengan versi 4.4. Nama Kitkat sangat unit, identik dengan nama produk coklat yang terkenal. Alasan penamaan Android versi ini pun sesuai dengan coklat kesukaan Kepala Teknik Android Google, Hiroshi Lockheimer. Tidak ditemui adanya gugatan dari pihak Nestle berkaitan dengan penggunaan nama produk mereka. Kitkat diciptakan untuk membuat pengguna kagum.

 

Setelah peluncuran Kitkat, muncul isu yang menyebutkan Google akan memaksa produsen perangkat Android untuk memakai Kitkat pada perangkat-perangkat barunya. Peraturan ini konon berlaku untuk semua jenis level ponsel Android. Terhitung mulai Februari 2014, Google tidak akan menyetujui distribusi Google Mobile Service bagi produsen yang tidak patuh terhadap peraturan tersebut. Dengan adanya regulasi yang demikian, produsen Android akan kelabakan dalam menentukan harga pasar bagi ponsel murah. Hal ini dikarenakan Kitkat dapat beroperasi pada komponen yang tinggi dan harga komponen yang tentunya mahal. Apakah konsumen menengah ke bawah tidak akan bisa lagi menikmati ponsel-ponsel Android baru?

 

Isu yang ditelurkan ini sendiri masih jauh dari penilaian angka statistik. Sebanyak 20% pengguna Android kini masih menggunakan Android versi Gingerbread. Sedangkan semenjak dirilis hingga Februari 2014, pengguna Kitkat baru sebesar 1,8%. Angka statistik yang sebaiknya masih dipertimbangkan oleh Google apabila benar-benar ingin menerapkan peraturan tersebut.

 

Android Kitkat mempunyai fitur-fitur yang menarik, seperti Caller ID, Phone Dialer, dan cetak dokumen. Caller ID merupakan suatu fitur yang dapat mendeteksi perusahaan asal penelpon yang belum terdaftar di kontak kita. Sedangkan Phone Dialer merupakan fitur yang mengevaluasi kontak yang sering dihubungi. Selain itu, Kitkat juga mampu mencetak dokumen, foto, maupun halaman situs melalui printer yang terkoneksi dengan Google Cloud.

 

Dilihat dari komponen spesifikasinya yang tinggi, Android Kitkat tentu saja memiliki kelebihan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Kelebihan-kelebihannya adalah sebagai berikut:

1. Mudah dalam mencetak dokumen, foto, maupun halaman pada situs.

2. Memiliki respon yang lebih cepat.

3. Kemudahan dalam akses berkas.

4. Mendukung 2 sensor baru, pendeteksi dan penghitung langkah.

5. Tampilan yang lebih baik.

6. Fasilitas caller ID.

7. Fasilitas phone dialer.

8. Memiliki upgrade untuk versi lama yang mudah.

9. Baterai lebih tahan lama.

10. Pengamanan yang lebih baik.

11. Kesalahan (bug) yang lebih sedikit.

 

Meskipun Android Kitkat memiliki banyak kelebihan, namun hasil penjualannya sejak diluncur pada Oktober 2013 belum juga menunjukkan hasil yang memuaskan. Hasil penjualan masih kalah dibandingkan dengan Jelly Bean. Tentu saja hal ini membuat bos-bos Google meradang dan akhirnya isu peraturan wajib pemakaian Kitkat pun beredar. Peluncuran yang baru 5 bulan ini mungkin saja lambat panasnya, sehingga penjualannya tidak menarik. Semua hal baru pastinya perlu proses, termasuk pemakaian Kitkat. Ketika semua jenis ponsel sudah mengadopsi Kitkat, bukan tidak mungkin penjualan Kitkat akan meroket.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s