Komputer Desktop Diantara Dua Pilihan: Built Up Atau Rakitan

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memroses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi (Blissmer). Salah satu jenis komputer adalah PC (Personal Computer). PC juga terkenal dengan sebutan komputer desktop karena cara meletakkannya di meja. PC pertama kali diperkenalkan oleh IBM, salah satu vendor yang terdepan dalam mengembangan komputer built up. Komputer telah berkembang sedemikian pesatnya menjadi alat yang berguna membantu banyak pekerjaan, baik untuk keperluan kantor maupun di rumah. Kini tersedia 2 jenis komputer desktop, yaitu komputer built up dan rakitan.

Komputer built up merupakan komputer yang telah dirakit oleh suatu perusahaan, seperti IBM, DELL, dan Gateway. Pembeli cukup membeli satu paket tanpa harus merakitnya lagi. Jenis komputer ini cocok bagi pengguna yang tidak memiliki kemampuan untuk merakit. Kelebihan lain dari komputer built up adalah dalam komputer ini biasanya sudah terinstal sistem operasi Windows yang asli. Selain itu, komputer built up juga disertakan garansi internasional dan tersedianya layanan untuk pelanggan. Saat komputer mengalami kerusakan, pengguna akan lebih mudah ketika membeli komputer built up, karena dijamin dengan garansi.

Komputer rakitan merupakan komputer yang dirakit sesuai dengan keinginan sendiri. Pembelian komponen dilakukan secara terpisah. Pengguna dapat membeli komponen berdasarkan merk dan spek yang sesuai. Harga komputer rakitan relatif lebih murah dibandingkan komputer built up. Jika pengguna terbatas oleh biaya dan punya kemampuan untuk merakit, maka komputer rakitan boleh jadi menjadi pilihan yang bijak. Selain itu, performa komputer rakitan bisa maksimal, karena pengguna bebas untuk menentukan speknya sendiri. Dari segi keberagaman warna juga menjadi salah satu kelebihannya. Jika komputer built up biasanya seluruh komponen memiliki warna yang senada, maka untuk komputer rakitan dapat beragam sesuai keinginan pengguna. Ketika terjadi kerusakan, membawa komputer juga cukup mudah, tidak perlu membawa seluruh komponen yang ada, cukup membawa komponen yang rusak saja. Komputer rakitan juga cukup mudah dibersihkan, garansi jarang terpasang di sana-sini, sehingga mempermudah dalam hal perawatannya. Untuk para gamers, komputer rakitan merupakan pilihan yang tepat, karena spek yang tinggi yang menunjang komputer stand by dalam jangka waktu yang lama.

Dikarenakan komputer rakitan merupakan komputer yang dirakit sendiri, maka pemilihan komponen pun harus tepat. Beberapa komponen yang harus diperhatikan diantaranya: prosesor, RAM, motherboard, harddisk, VGA, fasilitas DVD-R/RW, monitor, keyboard, sistem operasi, mouse, dan garansi. Prosesor yang umum dipakai adalah Intel dan AMD. Memilih yang mana bergantung kepada kebutuhan. Untuk para gamers, AMD merupakan pilihan yang pantas, sedangkan untuk pengguna lainnya bisa menggunakan Intel. Pemilihan RAM juga penting karena sangat mempengaruhi kecepatan komputer. Dalam pemilihan motherboard perlu disesuaikan dengan prosesor yang dipakai. Pemilihan harddisk juga disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Beberapa motherboard sudah mempunyai built in kartu VGA, namun jika ternyata motherboard yang dimiliki belum terdapat komponen tersebut, perlu membeli kartu VGA terpisah untuk menunjang kualitas gambar. Kartu VGAyang dibeli tidak perlu yang terlalu mahal, apalagi jika hanya dipakai untuk pengerjaan sederhana saja. Ketersedian DVD-R/RW juga perlu diperhatikan. Dapat juga dengan membeli DVD portable. Bentuk monitor juga perlu diperhatikan, disesuaikan dengan kondisi keuangan dan keinginan. Terdapat berbagai jenis monitor yang dapat dipilih, antara lain: CRT, LCD, plasma, touchscreen, dan OLED. Setiap jenis monitor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Senada dengan monitor, mouse juga terdapat beragam pilihan, seperti mouse serial, mouse PS/2, mouse optic, dan mouse wireless. Keyboard yang kini banyak digunakan adalah jenis qwerty dan dvorak. Terkadang sistem operasi sudah termasuk dalam paket komponen yang dibeli, tetapi jika ternyata belum, pilihan pun beragam. Untuk komputer kosongan (tanpa sistem operasi), harga jualnya lebih murah. Selain komponen-komponen tersebut, hal penting yang perlu diperhatikan adalah garansi. Minimal garansi yang disarankan adalah 1 tahun.

Komputer built up maupun rakitan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika pengguna mempunyai kemampuan dalam merakit, komputer rakitan lebih disarankan. Hal ini dikarenakan harganya lebih murah dan bisa mendapatkan komponen dengan spek tinggi ataupun yang sesuai keinginan. Pada komputer built up harga lebih mahal, dengan komponen yang telah dirakit oleh vendor, sehingga lebih tidak leluasa dalam pemilihan komponen. Salah satu keunggulan komputer built up yang utama adalah sudah terinstalnya sistem operasi yang asli. Komputer built up juga dijamin oleh garansi yang dapat dipercaya, sedangkan untuk komputer rakitan perlu kehati-hatian dalam pembelian komponen, terutama dilihat dari lamanya garansi yang diberikan. Upgrade pada komputer rakitan lebih mudah dibandingkan komputer built up. Meskipun komputer built up telah dirakit oleh vendor dan pemilihan komponen ditentukan oleh vendor, namun kualitasnya tidak perlu diragukan. Komponen yang digunakan dapat dijamin kualitas, sehingga membuat komputer built up lebih awet. Meskipun demikian, untuk menunjang beberapa keperluan khusus, semisal untuk dipakai bermain games, diperlukan komponen dengan spek yang mendukung. Dalam hal ini, performa komputer rakitan bisa dipertimbangkan. Bagi pengguna yang menyukai warna-warni yang beragam, komputer rakitan bisa dijadikan pilihan, hal ini karena bebasnya pengguna memilih komponen yang diinginkan. Dari segi servis maupun perawatan, komputer rakitan juga lebih mudah. Bila dilihat dari semua aspek, tidak bisa dibandingkan mana yang lebih baik dan mana yang kurang. Semuanya bergantung kepada kebutuhan dan kemampuan pengguna. Komputer built up maupun rakitan mempunyai keunggulannya tersendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s