Aplikasi Foto Untuk BlackBerry

Foto yang merupakan suatu bentuk yang mengekspresikan suatu obyek kini merupakan aspek penting dari multimedia. Merubah warna, gaya, dan keaslian sebuah foto kini kian digemari. Untuk itulah diperlukannya aplikasi yang dapat mengakomodir keperluan tersebut. Instagram yang merupakan aplikasi untuk penghasil dan pengiriman foto merupakan salah satu contohnya. Instagram baru bisa diaplikasikan untuk sistem operasi iOS dan Android. Bagi pengguna BlackBerry yang belum dapat menikmati keunggulan Instagram, dapat menggunakan aplikasi foto lainnya yang sejenis. Aplikasi foto ini antara lain: Pikubo, Bibbycam, Molome, PixTrix, Photo Studio, dan Instaphoto.

Pikubo merupakan aplikasi pengeditan foto yang bekerjasama Apps Foundry dan Etolabo. Aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna dengan BlackBerry versi 5 dan 6. Hasil editan dari aplikasi ini dapat di share ke Facebook ataupun Twitter. Semua teman yang menjadi follower di Twitter akan secara otomatis akan didata menjadi teman. Bila dilihat sekilas, tampilan akan mirip seperti Twitpic. Foto yang di edit dapat diambil dari foto yang sudah ada maupun dengan pengambilan foto baru. Pengaksesan berkas foto sedikit memakan waktu. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan memilih Upload and Share, kemudian pilih foto yang akan diedit, dan kirimkan ke Twitter. Tersedia fitur efek, frame, dan rotasi. Efek yang tersedia antara lain: Lomo style, Contrast, Nostalgia, Monochrome, Beautiful Skin, dan Whitening Skin. Bukan hanya efek, frame pun diberikan beragam pilihan, seperti Rainbow, Spartkle, dan Star. Fitur yang tersedia masih belum sebanyak Instagram, sehingga kedepannya diharapkan bisa dikembangkan menjadi lebih baik dan lengkap.

Bibbycam merupakan aplikasi foto yang dikhususkan untuk pengguna BlackBerry. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 18 Januari 2012. Pada awalnya, pengembang menamakan Bibbycam dengan nama BBCam, namun pihak RIM tidak menyetujuinya dikarenakan kemiripan nama dengan BlackBerry (BB). Hal yang membanggakan dari Bibbycam adalah aplikasi ini diciptakan oleh Grace Tahir yang berasal dari Indonesia. Aplikasi ini dapat diinstal pada BlackBerry versi 5 ke atas. Fitur yang tersedia diantara filter, frame, dan rotasi. Filter yang tersedia diantara Lomo, Old Photo, Sunshine, Sephia, Negative, dan Posterize. Aplikasi ini juga mengizinkan pembuatan filter sendiri dengan double filter. Double filter merupakan penerapan 2 filter ke dalam satu foto. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan 4 foto dalam 1 waktu. Seperti layaknya Pikubo, Bibbycam juga dapat di share ke Facebook dan Twitter. Disediakan juga fasilitas pembuatan album dan pertemanan. Seperti layaknya Facebook, fasilitas like pun tersedia. Dibalik berbagai kelebihannya, Bibbycam masih terdapat kekurangan, masih sulitnya menghapus foto yang sudah diunggah dan kesulitan dalam proses registrasi.

Molome merupakan aplikasi foto yang bisa diunduh di AppWorld BlackBerry. Sebelum pemakaian aplikasi, pengguna diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu untuk pembuatan akun baru. Aplikasi ini juga dapat di share di Facebook dan Twitter. Tidak layaknya Bibbycam yang khusus tersedia untuk BlackBerry, Molome tersedia juga untuk sistem operasi Symbian dan Android. Seperti layaknya Facebook dan Twitter, pada aplikasi ini juga tersedia fitur follow dan like. Fitur yang tersedia diantaranya filter foto, efek, dan badge. Badge akan diberikan sesuai dengan jumlah foto yang di share. Filter foto yang tersedia antara lain: Vignette, Parlo, Croosy, Old Paper, Vintage, dan Rainbow. Beberapa fitur baru bisa digunakan setelah pengguna mencapai suatu tingkat tertentu. Molome juga menyediakan tempat untuk menampilkan foto-foto populer. Supaya foto yang diunggah oleh pengguna dapat menjadi foto populer caranya cukup mudah, hanya dengan mendapatkan 8 hati sebelum 54 menit. Foto yang telah diunggah mudah untuk dilihat dan diperbaharui.

PixTrix merupakan aplikasi foto pada BlackBerry yang dapat di share ke Facebook dan Twitter. Berbagai fitur tersedia, seperti filter, rotasi, dan pengaturan gambar (kecerahan, kontras, dan saturasi). Filter yang tersedia seperti: Lomo, Infra Red, Vintage, dan Color Crush. Gambar yang dihasilkan memang belum sebaik Instagram. Aplikasi ini dapat diinstal pada BlackBerry versi 5 ke atas. Foto yang telah di edit dapat di share ke Facebook dan Twitter.

Photo Studio merupakan aplikasi foto bagi pengguna yang menyukai kesederhanaan. Meskipun sederhana, namun memilki kinerja yang baik dan fitur yang menarik. Operasi standar yang dapat dilakukan diantaranya mengatur tingkat kecerahan, kontras, warna RGB, saturasi, dsb. Memungkinkan juga untuk mengubah ukuran, rotasi dan juga cropping. Tersedia dalam beragam frame dan efek, seperti: Grayscale, Ocean, Sephia, Mystique, Pink, Disco 80s, Old Style, Old Newspaper, Rainbow, Office Style, Behind The Glass, dll. Efek yang diterapkan pada 1 foto bisa hanya 1 efek maupun beberapa efek. Pada frame, terdapat fitur PicFrames yang dapat menyatukan beberapa foto dalam 1 frame. Photo Studio tersedia dalam 2 versi, gratis dan berbayar (Pro).

Instaphoto merupakan aplikasi foto editor yang hasilnya dapat di share ke Facebook dan Twitter. Aplikasi ini mudah digunakan. Foto yang akan di edit dapat berupa foto yang sudah ada maupun foto baru. Foto akan disimpan dalam folder galeri foto. Kinerjanya juga cukup cepat, tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk melihat foto yang telah diberi efek. Tersedia dalam beragam efek, seperti: Tilt Shift, Custom Border, Color Effect, Grunge Texture, Decorative Frame, Periscope, Mugshots, HUDs, dll. Aplikasi ini dapat dibeli di AppWorld dengan harga yang relatif murah.

Aplikasi foto untuk sistem operasi BlackBerry terdiri dari 2 jenis: berbayar dan gratis. Pikubo, Bibbycam, Molome, PixTrix, dan Photo Studio merupakan aplikasi yang gratis, sedangkan Photo Studio Pro dan Instaphoto merupakan aplikasi berbayar. Dibandingkan dengan yang gratis, tentu saja yang berbayar memilki nilai keunggulan sendiri, terutama dari fitur yang dimilki. Jika dibandingkan dengan Instagram, beragam aplikasi ini masih belum selengkap Instagram. Namun demikian, aplikasi-aplikasi tersebut masih dapat dibilang cukup baik dan menghibur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s